RADAR JOGJA – PrintQoe.com, online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, mengumumkan telah memperluas jangkauan layanannya hingga lebih dari 133 kota dan kabupaten yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Chief of PrintQoe.com Adi Vidyanto mengatakan, perluasan jangkauan ini menjadikan PrintQoe.com sebagai platform cetak online pertama yang menegaskan kembali solusi distribute & print sebagai jawaban atas tantangan efisiensi biaya dan total kecepatan waktu pengerjaan.

”Solusi distribute & print ini pun terbukti dapat mengurangi beban biaya distribusi cetak digital dari satu kota ke kota lainnya minimum 30 persen. Juga mempersingkat total waktu produksi sampai dengan pengiriman hingga 2-5 kali lebih cepat,” jelasnya dalam pers rilis yang dikirimkan.

Selama ini, lanjutnya, permasalahan kebutuhan cetak dokumen online yang dihadapi banyak perusahaan ialah pendistribusian ke banyak lokasi tujuan yang jauh dari kantor pusat. Letak geografis wilayah Indonesia menjadikan faktor tingginya biaya distribusi. Seperti halnya biaya kirim kargo udara yang mengalami kenaikan, berimbas pada biaya tambahan yang dibebankan kepada konsumen.

”Kondisi infrastruktur yang meliputi darat (jalan raya, jalan tol, moda transportasi massal), laut (pelabuhan, kapal barang) serta udara (bandara, pesawat) juga merupakan tantangan pendistribusian cetakan dokumen online dalam jumlah banyak, aman, dan dalam waktu yang cepat,” ungkapnya.

Contoh implementasi sederhana, perusahaan A yang berkantor pusat di Jakarta akan mengadakan seminar, training atau workshop di kota Medan, ada banyak dokumen yang harus dicetak sebagai kelengkapan acara. Jika perusahaan A harus menyiapkan seluruh dokumen tersebut di Jakarta bukan hanya biaya cetak saja yang harus dikeluarkan, melainkan juga biaya kirim menuju tempat acara di Medan.

”Kini dengan adanya layanan PrintQoe.com seluruh kebutuhan cetak dokumen perusahaan A tidak perlu diproses dari Jakarta dan dikirimkan melalui kargo pesawat, karena perusahaan A dapat mencetak seluruh kebutuhannya melalui solusi distribute & print di PrintQoe.com,” tuturnya.

Caranya cukup mudah dan cepat, sesudah registrasi dan login, perusahaan tinggal mengunggah dokumen, masukan titik tujuan pengiriman, kemudian PrintQoe.com akan mendistribusikan file yang diperlukan ke kota tujuan. ”Sehingga cetakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan di kota dimana acara akan diadakan dan didistribusikan setelah selesai proses cetak. Hal ini tentu dapat menekan biaya kirim, dan total waktu persiapan menjadi jauh lebih singkat,” jelasnya. (ila)