RADAR JOGJA – Harya Suraminata atau Hasmi memberikan warna tersendiri bagi dunia komik tanah air. Tak heran jika penggemarnya ada di mana-mana. Begitu pula rekan Hasmi yang tahu bagaimana tokoh Gundala ini meluncur dari tangan kreatifnya.

Hasmi sudah meninggal, tepat seribu harinya Paguyuban Kembang Adas dan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta menggelar serangkaian acara di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jumat (4/10).

Serangkaian acara ini untuk mengenang 1.000 hari kepergian sang komikus pencipta karakter superhero “Gundala”. Beberapa rangkaian kegiatan di antaranya lomba komik bertema “1.000 Hari Hasmi “. Juga ada pameran komik dari para komikus Jogja, pemutaran video pendek karya prodi DKV ISI Jogjakarta tentang sosok Hasmi. Selain itu ada pula pertunjukan musik, hingga atraksi cosplay dari Komunitas Cosplayer Jogjakarta.

Istri Hasmi, Mujiyati, mengatakan sangat bahagia dengan adanya serangkaian kegiatan ini. Sebab, tak hanya pameran saja, ada juga sarasehan dan bedah buku berjudul ”Hasmi Pencipta Legenda Gundala” karya Henry Ismono.

Di penghujung acara, diadakan pementasan drama dengan judul ”Randha Kinasih: Andhe-andhe Lumut vs Gundala”. Drama ini dimainkan oleh Paguyuban Kembang Adas dan disutradarai Ciciet Kaswami Rahayu yang merupakan kakak dari Hasmi. (mgo1/ila)