RADAR JOGJA – Usus adalah organ yang penting dalam tubuh manusia. Tiap hari, manusia mengonsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk mendapatkan gizi. Namun, jika makan yang dikonsumsi tak teratur, usus akan menjadi terganggu. Lantas bagaimana untuk menjaga usus agar tetap dalam kondisi baik?

”Buang air besar (BAB) yang baik merupakan tanda usus yang baik pula. Hal ini dapat terjadi bila bakteri baik lebih banyak dibandingkan bakteri yang merugikan dalam pencernaan kita,” ujar staf propaganda Yakult Jogjakarta Danu Setiawan, Selasa (8/10).

Dia menjelaskan, pertumbuhan bakteri jahat dapat ditekan. Dengan begitu, usus mampu berfungsi dengan baik sehingga kondisi tubuh terhaga dengan baik pula. Di dalam usus terdapat lebih dari 100 jenis mikroorganisme yang jumlahnya lebih dari 100 triliun.

”Keseimbangan mikroorganisme dalam usus tersebut harus dijaga setiap saat dengan baik agar seluruh tubuh menjadi kuat. Salah satunya dengan bakteri baik yang masuk ke dalam tubuh, yakni L.casei Shirota strain,” jelasnya dalam kunjungannya ke Kantor Radar Jogja.

Danu menuturkan, bakteri baik ini ada dalam Yakult. Bakteri ini hidup di tiap botol dan mampu melewati asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat berperan secara maksimal di dalam usus. (ila)