RADAR JOGJA – Persis Solo kini ibarat gadis perawan yang banyak mengundang bujangan untuk meminang. Dengan adanya stadion baru yang megah dan puluhan ribu supporter, bisnisman mana yang tak kepincut.

Buktinya, setelah pekan lalu PT Persis Solo Saestu (PSS) mengumumkan pengusaha migas Vijaya Fitriyasa membeli 70 persen saham PT Syahdana Properti Nusantara (SPN). Kini giliran taipan Erick Thohir juga tak malu-malu mengutarakan niatnya membangun Laskar Sambernyawa.

Dikutip dari Radar Solo, Sabtu (21/9), mantan pemilik klub Liga Italia Inter Milan itu menemui Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan pendiri PT PSS Her Suprabu di Loji Gandrung. Pertemuan itu berlanjut melihat langsung kemegahan Stadion Manahan yang baru selesai direvitalisasi.

“Saya datang ke sini (Solo) untuk penjajakan. Dalam budaya Jawa itu ada istilah kulonuwun. Ini saya lakukan dengan kerendahan hati. Nawaitu-nya simpel, ingin membantu Persis yang menurut saya cukup potensial jadi klub hebat di Liga Indonesia,” ujar Erick.

Terkait peluang bisa menggarap Persis, Erick menjawab secara diplomatis. Menurutnya semua itu tergantung suporter dan masyarakat Solo. Jika nantinya diberi amanat, tentu dirinya akan siap.

“Sekarang saya ikutin perkembangannya. Soal proses kepemilikan (saham), tentu yang tahu hukumnya Pak Her Suprabu. Yang pasti saya datang ke sini membawa rancangan besar untuk memajukan Persis, bukan sebatas wacana tanpa rancangan masa depan yang jelas,” tegasnya.

Disinggung pengetahuannya tentang Persis, Erick mengatakan, dia tahu Persis sempat tujuh kali juara Liga Indonesia. Sayangnya itu terjadi sebelum Indonesia merdeka. Menurutnya, sudah terlalu lama tim ini hilang dari kancah tertinggi sepak bola nasional. “Kita tentu berharap secepatnya bisa menuju ke sana (Liga 1),” harapnya. (nik/JPG)