RADAR JOGJA – Jadwal liburan akan datang tanpa kamu sadari. Saking cepatnya waktu itu datang, kadang kamu terlewat satu-dua hal penting yang sebenarnya harus disiapkan jauh-jauh hari. Daripada kamu harus buru-buru ditambah panik saat jadwal liburan tiba, alangkah baiknya kamu persiapkan mulai dari sekarang.

Mungkin kamu berpikir tiket pesawat dan hotel jadi dua hal terpenting yang harus ada untuk jalan-jalan. Oke, mungkin itu benar, tapi itu masih kurang lengkap bila ingin mendapatkan pengalaman liburan yang nyaman dan menyenangkan. Masih ada lho hal-hal penting lainnya yang harus kamu punya juga.

Nah, apa saja hal penting yang harus disiapkan sebelum jadwal liburan tiba? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

  1. Itinerary atau Rencana Perjalanan

Go with the flow” tampaknya bukan pilihan terbaik untuk mendapatkan liburan nyaman. Tidak sedikit orang yang pergi ke luar kota atau negeri tanpa persiapan rencana perjalanan yang matang. Bukannya dapat pengalaman seru, kamu malah jadi repot karena kamu bisa tersasar atau malah bosan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Biarpun hanya liburan singkat, kamu harus buat itinerary yang sangat matang, mulai dari ke luar rumah sampai kembali ke rumah. Bahkan, kamu harus tahu lokasi sarapan dan waktu yang akan dihabiskan di sana. Hal-hal detail seperti itu bisa bikin liburan kamu lebih teratur dan jelas.

  1. Koper atau backpack

Kalau ada yang bilang koper atau tas punggung itu adalah sebuah investasi, kasih penghargaan untuk orang itu. Lebih baik kamu punya satu koper sedang atau besar dan sebuah backpack serbaguna biarpun belum ada rencana jalan-jalan. Cepat atau lambat kamu akan butuh salah satu dari dua benda tersebut.

Malahan kamu bisa pakai backpack untuk keperluan sehari-hari. Nah, kalau buat koper, kamu butuh untuk sebuah perjalanan panjang. Jadi, dibanding kamu kebakaran jenggot pas sudah mau berangkat liburan, mending beli dari sekarang deh.

  1. Obat-obatan Pribadi

Kamulah yang paling tahu kondisi tubuh kamu sendiri. Jadi, sebaiknya siapkan semua obat-obatan pribadi sendiri dan bawa ke mana pun kamu pergi. Kamu pun tidak akan tahu apa makanan di destinasi wisata cocok denganmu. Bisa juga, kamu tidak cocok dengan udara yang terlalu dingin atau panas sehingga bikin tidak enak badan.

Sebaiknya konsultasikan dulu kondisi tubuh dan kesehatan kamu sebelum bepergian jauh, khususnya luar negeri yang punya perbedaan cuaca dengan tempat tinggal kamu. Minta juga resep dokter untuk obat-obatan pribadi yang aman untuk dibawa ke negara tujuan, ya!

  1. Laporan Keuangan

Siapa yang habis jalan-jalan malah tambah stres karena uang habis dan rekenig jebol? Seharusnya ‘kan liburan bikin pikiran kamu lebih segar dan punya semangat baru untuk kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, salahnya banyak orang yang lupa bikin laporan keuangan pribadi selama liburan.

Yuk, bikin laporan keuangan jauh sebelum liburan. Catat semua pengeluaran, mulai dari tiket pesawat pergi-pulang, hotel, transportasi di lokasi, biaya makan sehari-hari, hingga oleh-oleh buat sahabat dekat. Jangan cuma dibuat ya laporannya, tapi juga dilakukan dengan disiplin. Jadi, tidak ada tuh pengeluaran tak terduga yang berlebihan selama liburan.

  1. Asuransi Perjalanan

Ini yang tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Ternyata masih banyak, loh, yang mengabaikan asuransi perjalanan saat liburan, padahal ini malah lebih penting dalam segala urusan. Dengan asuransi perjalanan, kamu bisa dapatkan tanggungan kecelakaan, biaya medis, hingga perlindungan barang hilang, loh.

Lebih kerennya lagi, beberapa asuransi perjalanan bahkan menanggung kerugian akibat keterlambatan penerbangan. Jadi, kerugian waktu dan rusaknya itinerary kamu selama liburan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Nah, sekarang saatnya lengkapi liburan kamu dengan asuransi perjalanan dari Traveloka. Kamu bisa membelinya sembari beli tiket pesawat dan booking hotel. Yuk, buat liburan kamu lebih nyaman dengan asuransi perjalanan. (*/ila)