RADAR JOGJA – Suporter PSIM Jogja akhirnya bisa menyaksikan pertandingan timnya menjamu Madura FC, Senin (23/9). Itu setelah komite banding PSSI mengubah keputusan komisi disiplin yang dikeluarkan 5 September lalu.

Dalam surat komite banding No: 03/KEP/KB/LIGA2/IX/2019 diputuskan bahwa supporter PSIM dihukum larangan mendampingi tim dam masuk stadion selama dua bulan saat tim PSIM Jogja menjalani laga tandang.

Keputusan larangan mendampingi tim saat away tersebut terhitung sejak 5 September hingga nanti 5 November. Hal itu sebagaimana diatur dalam Pasal 20 Kode Disiplin PSSI 2018. Selain itu, PSIM Jogja juga diberikan denda sebesar Rp 100 juta.

“Keputusan Komite Banding PSSI mempunyai kedudukan sebagai keputusan yang mengikat dan berlaku efektif sejak didtetapkan keputusan banding PSSI pada hari Sabtu tangga 21 September 2019 dengan ketentuan akan diadakan perubahan jika kemudian hari terdapat kekeliruan,” bunyi keputusan Komite Banding yang diteken Ketua Majelis Ade Prima Syarif.

Sebelumnya, Komisi Disiplin PSSI memberikan sanksi kepada supporter PSIM Jogja untuk dilarang datang ke stadion menyaksikan pertandingan PSIM Jogja selama satu bulan. Baik itu laga home maupun away.

Sanksi tersebut adalah buntut dari insiden kericuhan yang melibatkan supporter PSIM Jogja dan Persik Kediri saat pertandingan Persik vs PSIM, 2 September lalu. Awalnya kedua kelompok supporter saling lempar botol mineral di pengujung laga.

Namun insiden ternyata merembet hingga ke luar stadion. Tidak hanya itu, akibat kejadian tersebut juga menyebabkan kerusakan pada fasilitas umum dan kendaraan di sekitar stadion. (riz)