RADAR JOGJA – Dua kekalahan beruntun, dalam dua laga awal putaran kedua Liga 2 wilayah timur, serta dari Timnas U-23 dalam Trofeo U-23, belum membuat PSIM Jogja berbenah.

Buktinya Laskar Mataram-julukan PSIM-kalah 0-1 dari tuan rumah PSBS Biak di Stadion Cendrawasih, Minggu (15/9). Itu menjadi kekalahan ketiga beruntun PSIM Jogja di lanjutan Liga 2 wilayah timur.

Usai laga, pelatih Aji Santoso mengakui timnya kembali melakukan beberapa kesalahan terutama di babak pertama. “Sebenarnya pertandingan berjalan seimbang, sayang di babak pertama pemain belakang ceroboh mengantisipasi bola satu lawan satu,” ujarnya.

Ya, gol yang diciptakan PSBS Biak oleh Freddy Isir pada menit ke-20. Bermula dari sapuan yang gagal dari Achmad Bachtiar. Akibatnya Isir sukses mengalahkan Al Amin Fisabillah dalam duel satu lawan satu. Kemudian dengan mudah menaklukan kiper debutan, Aji Bayu dengan sepakan pelan.

Pelatih berlisensi AFC Pro itu juga menyoroti beberapa peluang yang didapatkan oleh tim asuhannya di babak kedua. “Lalu ada satu atau dua peluang di babak kedua, namun tidak jadi gol,” tandasnya.

Aditya Putra Dewa juga sepakat dengan pelatihnya. PSIM Jogja tidak beruntung di laga ini. “Beberapa peluang yang kami dapatkan di babak kedua harusnya bisa menjadi gol, tapi inilah sepakbola,” tutur bek kiri itu.

PSIM coba merepson ketertinggalan di babak pertama. Namun, tak banyak peluang yang bisa mereka ciptakan. Di babak kedua, pelatih PSIM Jogja, Aji Santoso coba mengubah skema permainan. Aji coba memanfaatkan kecepatan dari pemain sayap yang ia miliki untuk membongkar pertahanan Cendrawasih Kuning-julukan PSBS.

Beberapa peluang berhasil mereka ciptakan termasuk lewat upaya Cristian Gonzalez dan Saldi Amiruddin. Kendati demikian, hingga laga usai tak ada lagi gol yang bisa diciptakan.

Hasil minor ini membuat PSIM masih tertahan di posisi tiga klasemen sementara dengan torehan 21 poin. Namun, posisi Cristian Gonzalez dan kolega tidak aman. Saat ini jarak mereka dengan Persiba Balikpapan yang ada di posisi ketujuh klasemen hanya tiga poin saja.

Di sisi lain, PSBS Biak naik ke posisi enam klasemen. Pasukan Frengky Sabay mengumpulkan 20 poin dari 14 pertandingan yang mereka jalani.

PSIM Jogja sendiri tak punya waktu lama untuk beristirahat. Pada Kamis (19/9) mendatang, Laskar Mataram akan kembali ke Mandala Krida. Menghadapi tantangan dari Persatu Tuban. (cr12/pra)

Data Pertandingan
PSBS Biak 1-0 PSIM Jogja
Pencetak Gol: Freddy Isir (20′)

Wasit: Pipin Indra Pratama (Jawa Timur)
Stadion: Cendrawasih, Biak Numfor