RADAR JOGJA – Indonesia saat ini sudah memiliki 20 pelatih yang memiliki sertifikat Pro AFC. Dengan memiliki sertifikat seperti itu, mereka punya kesempatan menukangi sebuah tim di seluruh kawasan Asia.

Dua dari 20 pelatih yang sudah mengantongi sertifikat Pro AFC itu, saat ini berakarir di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Mereka adalah Seto Nurdiantoro yang saat ini menjadi juru taktik PSS Sleman, serta pelatih PSIM Jogja Aji Santoso.

Kepada Jawa Pos Radar Jogja, Seto mengungkapkan keinginannya untuk menukangi tim di luar negeri suatu saat nanti. “Saya pikir itu menjadi impian semua pelatih,’’ ujar Seto, Senin (9/9).

Namun, ketika ditanya kapan tepatnya ia ingin menukangi tim di luar negeri, Seto enggan memberikan jawaban dengan pasti. Menurutnya, hanya Tuhan yang tahu.

Hingga kini, memang belum banyak pelatih asal Indonesia yang berani dan berhasil saat menjalani karier di luar negeri. Rahmad Darmawan sempat beberapa musim melatih di Malaysia dengan menukangi T Team Trengganu.

Ada juga Rudy Eka Priyambada yang sempat berkarir di Liga Bahrain.
Sementara itu Aji Santoso menyebut tantangan yang dia hadapi kini lebih berat dengan adanya sertifikat Pro AFC di tangan.

Mereka harus menerapkan pada tim yang dipimpin masing-masing. ”Saya akui itu tidak mudah,” tandas pelatih yang sempat menukangi tim nasional Indonesia U-23 tersebut. (cr12/din)