RADAR JOGJA – Saat ini bujet yang minim tetap bisa membuat seseorang merasakan liburan yang menyenangkan di luar negeri. Salah satunya dengan memanfaatkan kartu kredit untuk membiayai perjalanan.

Dilansir dari jawapos.com, penggunaan kartu kredit atau credit card bisa dilakukan dengan mengambil tawaran kredit dengan cicilan nol persen. Dengan begitu, usai liburan tak perlu takut dengan membengkaknya cicilan atau biaya.

Agar kondisi keuangan tetap aman meski berlibur ke luar negeri mencicil dengan kartu kredit, perhatikan beberapa hal seperti dikutip dari Cermati.com. Pertama, pastikan destinasi pilihan terlebih dulu. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yakni visa dan tempat wisata di negara tersebut. Selain paspor, tentu harus menyiapkan visa kunjungan wisata agar dapat memasuki negara tujuan. Mengurus berkas dan proses pembuatan visa juga pastinya membutuhkan biaya. Sebaiknya mencari negara yang bebas visa.

Saat akan berwisata ke luar negeri dengan cara kredit adalah mengetahui kondisi finansial. Pastikan tagihan dari beban kredit yang diajukan tidak melebihi batas kemampuan dalam membayarnya. Jika telah berlangganan menggunakan kartu kredit selama beberapa waktu, kesempatan untuk berlibur ke luar negeri dengan cicilan mungkin akan terbuka lebih lebar. Terlebih lagi jika tidak pernah telat membayar tagihan. Booking tiket pesawat atau reservasi hotel dengan memanfaatkan kartu kredit tersebut.

Beberapa penyedia kartu kredit akan memberikan poin setiap kali melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut. Hadiah yang bisa didapatkan dari menukar poin tersebut juga bermacam-macam. Beberapa pilihan tiket pesawat, serta voucher hotel dan restoran juga bisa didapatkan dengan menukarkan poin kartu kredit tersebut.

Terakhir, pahami bunga dan dendanya. Terlebih setiap bank pasti punya kebijakan bunga kredit berbeda-beda. Kebanyakan bank akan memberikan beban bunga kartu kredit pada kisaran 0 persen sampai 3 persen. Mengetahui adanya perbedaan beban bunga tersebut, sangat disarankan untuk mencari informasi sedetail mungkin mengenai bank yang memberi beban bunga paling kecil. (jpc/ila)