Radar Jogja – Menciptakan pembelajaran yang nyata dan menyenangkan dapat dilakukan melalui banyak cara, salah satunya dengan fieldtrip, seperti yang dilakukan SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Sebab, seringkali siswa merasa jenuh dengan metode belajar teori di kelas, namun belum tentu paham betul mengenai apa yang dipelajari dan bagaimana cara menerapkannya di lingkungan sekitar. Fieldtrip yang merupakan agenda tahunan ini, dilaksanakan di Jogja Exotarium, Sleman, Minggu (8/9).  Diikuti oleh 154 siswa yang terdiri dari murid kelas 1-3.

Nurul Umi Hanik selaku guru menjelaskan, dengan kegiatan-kegiatan dalam fieldtrip, siswa memiliki pengalaman baru secara langsung. “Sehingga siswa diharapkan dapat berpikir kreatif, menambah motivasi belajar, menanamkan sikap menyayangi terhadap hewan dan tumbuhan, serta meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar,” jelasnya.

Pemilihan lokasi fieldtrip tersebut, kata Nurul, disesuaikan dengan dengan tema pembelajaran di sekolah. Anak-anak dapat leluasa bereksplorasi dengan lingkungan menggunakan semua pancaindra. “Murid dapat melihat, mengamati, dan menyentuh secara langsung apa yang sudah dipelajari di sekolah,” ujarnya.

Para siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan fieldtrip kali ini. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengenalan tumbuhan, pengenalan satwa, merawat satwa, belajar budidaya peternakan kambing, budidaya kelinci, dan diakhiri dengan bermain di wahana Jogja Exotarium. Wahana yang diminati murid-murid di antaranya wahana menangkap ikan, menunggang kuda, dan terapi ikan. (sky/tif)