RADAR JOGJA – Vitamin C menjadi bagian penting yang diperlukan untuk kesehatan. Tak hanya berkaitan dengan kekebalan tubuh saja, melainkan juga untuk kesehatan kulit dan rambut. vitamin C ini juga penting untuk kesehatan tulang dan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin C ini banyak ditemukan dalam buah jeruk dan sayuran hijau. Nah untuk kecantikan sendiri, vitamin C merangsang kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sedangkan kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis dan kulit lebih kusam.

Dilansir dari jawapos.com, vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan. Bisa dikonsumsi tunggal atau dikombinasi dengan berbagai jenis buah, sayuran, dan pangan lainnya. Di antaranya kombinasi jeruk dan jahe. Dalam 100 gram jeruk mengandung 64 persen nilai harian vitamin C sesuai rekomendasi dari Institute of Medicine (IOM). Minuman detoksifikasi jeruk dan jahe ini sangat baik untuk kulit, karena mengandung antioksidan.

Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk vitamin C adalah sekitar 70 miligram untuk perempuan dan sekitar 90 miligram untuk pria. Ada beberapa cara untuk memastikan asupan vitamin C dalam tubuh dan jus buah adalah salah satunya.

Dilansir dari NDTV, kombinasi mangga dan kiwi juga memberikan efek baik untuk tubuh. Mangga mengandung 60 persen nilai vitamin C setiap hari, itu sesuai data Departemen Pertanian Amerika Serikat. Buah musim panas yang lezat ini akan sangat baik jika dicampur dengan kiwi dalam resep minuman.

Selain itu, bisa juga mencampur mangga dan tomat. Jus mangga yang lezat dan tomat kaya akan vitamin C memberikan cita rasa berbeda. Terakhir, bisa mencampur nanas dan jintan. Nanas adalah yang sangat kaya akan vitamin C yakni 79 persen sesuai data USDA. Gabungkan dengan mangga mentah, jintan panggang, sedikit garam, dan gula. Rasanya segar dan unik. (jpc/ila)