JOGJA – Sekretaris Provinsi (Sekprov) DIJ definitif yang kini dijabat Gatot Saptadi bakal berakhir. Tepatnya, 1 Oktober mendatang.

Ada kemungkinan jabatan sekprov akan kembali dijabat pelaksana tugas. Namun, sangat mungkin langsung diduduki pejabat definitif.

Gubernur DIJ Hamengku Buwono X sangat berharap pejabat sekprov bisa segera diisi pejabat definitif. Namun, hal itu bisa terealisasi bila memberi rekomendasi pemerintah pusat terhadap tiga nama calon sekprov. Jika rekomendasi turun sebelum pensiun Gatot awal Oktober, posisi sekprov bisa diisi pejabat definitif selesai menjabat pada awal Oktober.

”Harapan saya sebelum ada Plt (pelaksana tugas), lebih baik definitif saja,” kata HB X ditemui Jumat (23/8).

Dengan begitu, pejabat sekprov definitif dapat langsung menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Apalagi, pada Oktober mendatang dipastikan juga terjadi perubahan di badan legislatif provinsi.

HB X mengaku tidak mengetahui secara pasti nama-nama yang akan disodorkan kepadanya untuk menduduki posisi sekprov. Namun, dia berharap mereka yang akan menjabat merupakan eselon tertinggi yang merupakan aparatur sipil negara yang terbaik.

HERPRI KARTUN/RADAR JOGA

”Panselnya kan dari pusat. Jadi, siapa nanti serahkan sama mereka saja. Yang jelas, yang lolos berarti yang terbaik,” jelasnya.

Seperti diketahui, sembilan pejabat dinyatakan lolos admistrasi mengikuti seleksi uji kompetensi. Mereka bakal menjalani assessment (penilaian) yang dilakukan selama dua hari di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIJ pada 12-13 Agustus.

Mereka yang mengikuti penilaian yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIJ Aris Riyanta, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIJ Krido Suprayitno, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIJ Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIJ Rony Primanto Hari, Sekda Sleman Sumadi, dan Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono.

Pejabat lainnya yakni Asekprov DIJ Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Tavip Agus Riyanto; Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan Tri Mulyono, serta Asekprov Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana.

Sekretaris Pansel Jabatan Sekprov DIJ Gatot Saptadi menjelaskan, hasil penilaian akan diumukan Rabu (28/8) mendatang. Sejauh ini, dia belum mengetahui secara pasti berapa jumah pejabat yang tercoret setelah menjalani penilaian.

”Yang jelas, pada tahap akhir kan ada tiga besar yang akan diusulkan. Kita lihat saja perkembangannya,” jelasnya.

Dijelaskan, proses seleksi sekprov berlangsung dengan sangat trasparan. Setiap tahap yang dilakukan telah dilaporkan kepada gubernur DIJ.

”Tapi kan untuk siapa yang layak, ada di tim penilai pemerintah pusat. Ya, sudah kita tunggu saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Pansel Jabatan Sekprov Bima Haria Wibisana menyinggung soal penetapan sekprov definitif sebelum 1 Oktober. Dia menjelaskan hal itu bergantung pada tim penilai akhir.

”Dalam waktu dekat memang akan dilakukan penetapan oleh presiden terpilih. Dengan kewenangan usulan pejabat eselon 1 ada di tangan Presiden, kita lihat saja nanti seperti apa,” katanya. (bhn/amd/fj)