PURWOREJO – Sehari menjelang berakhirnya penutupan pendaftaran seleksi jabatan camat dan lurah, baru ada lima orang peminat kemarin (16/7). Besar kemungkinan masa pendaftaran akan diperpanjang hingga batas minimal pendaftar terpenuhi.

Kepala Bidang Pengembangan Karier Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purworejo Fitrhi Edi Nugroho mengatakan, seleksi jabatan camat dan lurah sudah dibuka sejak Senin (8/7). Dari empat jabatan camat yang dibuka yakni Kaligesing, Bayan, Pituruh dan Bruno, baru satu orang yang sudah mendaftarkan diri untuk posisi Kecamatan Bruno.

“Yang Kaligesing, Bayan, dan Pituruh belum ada yang mendaftar. Tapi tampaknya hari ini (kemarin, Red) akan ada yang mendaftar,” kata Fithri.  Menurutnya, untuk posisi lurah yang dibuka sebanyak 16 posisi juga bisa dikatakan masih minim. Tercatat baru ada empat orang yang mendaftar.

Ditilik dari persyaratan pendaftaran minimal, jumlah yang ada masih jauh dari harapan. “Satu posisi setidaknya ada tiga pendaftar yang masuk. Kalau itu terpenuhi, berarti prosesnya bisa dilanjutkan,” tambah Fithri.

Dikatakan, pihaknya sudah memberikan pengumuman baik melalui website pemkab maupun ke organisasi perangkat daerah (OPD). Dia tidak tahu persis, alasan jumlah pendaftarnya masih amat minim. “Kalau yang konsultasi sudah ada dan lumayan banyak. Tapi sampai mereka benar-benar mendaftarkan diri, ya baru itu,” katanya.

Disinggung mengenai siapa saja yang sudah mendaftarkan, Fitrhi mengaku belum bisa menjelaskan nama yang ada. Pihaknya menghormati tim Panitia Seleksi yang akan melakukan penilaian terlebih dahulu terhadap berkas yang sudah masuk.

“Rencananya tanggal 18 Juli atau sehari setelah pendaftaran ditutup, Panitia Seleksi akan melakukan pengecekan berkas yang sudah dikirimkan oleh pendaftar,” ujarnya.

Sangat dimungkinkan jika peserta yang mendaftar jauh dari harapan, akan diperpanjang. Menilik dari data yang ada, besar kemungkinan seluruh posisi akan diperpanjang pendaftarannya.

Kepala BKD Purworejo drg Nancy Megawati Hadisusilo mengatakan, kewenangan pembukaan berkas pendaftaran ada di tangan Pansel yang dipimpin Amriyanto Putra. Hingga hari ini pihaknya masih membuka seluas-luasnya bagi PNS atau ASN yang akan memasukkan berkas.

“Sebenarnya yang sudah mengantongi persyaratan, dari data PNS yang ada sekitar 57-59 orang. Sedangkan untuk lurah lebih dari 100 orang,”  tandas Nancy. (udi/laz/er)