MUNGKID – Bupati Magelang Zaenal Arifin menyerahkan 146 surat keputusan (SK) pensiun,  terhitung mulai 1 Juli hingga 1 September 2019. Penyerahan SK diselenggarakan di ruang Rapat Bina Praja Sekertariat Daerah, Mungkid, Senin (24/6).

Zaenal mengungkapkan, kesehatan, dan kebugaran di masa pensiun merupakan karunia pemberian Tuhan yang amat mahal. “Masa yang sengaja Tuhan berikan agar kita bisa menyadari kekurangan amal ibadah dan amal sholeh yang belum dapat kita perbuat saat kita masih aktif,” ujarnya.

Zaenal juga berpesan, masa pensiun bukan menjadi alasan untuk berhenti berkarya dan menjadi tidak produktif. Masa pensiun juga dapat memberikan sumbangsih dan partisipasi yang dibutuhkan dalam kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan.

“Karena itu pemerintah tetap mengharapkan kepedulian dari bapak Ibu untuk terus berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembangunan,” tambahnya.

Meski sudah pensiun, status PNS masih aktif maka tetap harus memenuhi aturan-aturan kepegawaian yang berlaku. Artinya masih harus aktif bekerja, mematuhi ketentuan jam kerja, memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada masyarakat sesuai tugas dan fungsi jabatannya sampai batas usia pensiunnya,” imbaunya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang Erie Sadewo menganggap, SK pensiun adalah bentuk penghargaan terhadap jasa dan pengabdian pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Magelang yang telah purna tugas. (cr16/laz/er)