JOGJA – Sebanyak 24 cabang olahraga Pekan Olahraga Daerah (Porda) terpaksa diselenggarakan lebih dulu di luar jadwal reguler. Sebab, pelaksanaan Porda berbarengan dengan pelaksanaan seleksi Pra-PON yang diadakan oleh masing-masing induk organisasi cabor. “Sisanya, 14 cabor sejauh ini tetap diadakan dalam jangka waktu 10-18 Oktober jika tidak ada perubahan,” jelas Ketua Panitia Porda XV-DIJ 2019 Rumpis Agus Sudarko.

Cabor yang diadakan sebelum jadwal reguler di antaranya aerosport, anggar, atletik, basket, voli, bridge, dayung, golf, judo, karate, kempo, angkat berat, panahan, taekwondo, tarung drajat, tenis, dan tinju. Beberapa di antaranya bahkan dimulai sejak 1 September. Seperti basket, bridge, judo, taekwondo, dan tenis. Rumpis menjelaskan, hal ini menjadi sulit dihindari karena masing-masing induk organisasi memiliki agenda tersendiri. “Bagaimanapun, Pra-PON lebih penting karena merupakan ajang nasional. Maka dari itu kami beri kelonggaran,” jelasnya.

Di sisi lain, Porda juga tidak bisa dikesampingkan. Sehingga pengaturan jadwal semacam ini menjadi solusi agar semua dapat berjalan. Sekalipun diadakan di luar jadwal yang telah ditetapkan, ia tetap berharap multi-sport event ini dapat berjalan baik. Dengan demikian, ajang ini dapat mencetak bibit-bibit unggul. Merekalah yang akan mengharumkan Jogjakarta di ajang nasional maupun internasional.

Rumpis menjelaskan, selain permasalahan jadwal yang berbenturan dengan Pra-PON, beberapa cabor meminta memajukan jadwalnya karena keterbatasan venue. Kempo, misalnya, yang memajukan jadwal pertandingan pada 4-6 Oktober karena jadwal penggunaan Sporthall Kridosono sangat padat. Ada pula yang meminta maju karena memang jadwal pertandingan cukup panjang. Golf merupakan salah satunya.

Budi Widayanto, salah satu pelatih Pusat Latihan Daerah, (Puslatda) Panahan menjelaskan, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) melaksanakan Pra-PON pada 21-29 September. Porda perlu dilaksanakan sebelum kualifikasi Pra-PON. Sehingga pihaknya memutuskan untuk menjadwalkan Porda panahan pada 9-13 September.(cr10/din/by)