PURWOREJO – Dua orang aparatur sipil negara (ASN) tidak hadir tanpa keterangan di hari pertama kerja pasca liburan Lebaran 2019 , Senin (10/6). Pemkab telah menyiapkan sanksi disiplin sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Organisasi dan Aparatur (Orgap) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purworejo Ganis Pramudito usai mengelar monitoring kehadiran PNS di Pemkab Purworejo. “Sanksi akan tetap diberikan,” tutur Ganis.

Secara keseluruhan, tingkat kehadiran ASNdi jajaran Pemkab Kabupaten Purworejo pada hari pertama kerja setelah cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H mencapai 98,46 persen. Dari 42 perangkat daerah dengan jumlah pegawai sebanyak 2736 orang, diketahui hanya 42 pegawai yang tidak hadir.

Dengan rincian 24 orang cuti,  16 orang sakit, dan dua orang pegawai tidak hadir tanpa keterangan. Selain melakukan rekapitulasi presensi manual, Pemkab Purworejo juga menerjunkan tim yang memantau kehadiran PNS di sejumlah OPD. Ini dilakukan selain untuk mengetahui secara langsung kehadiran ASN, juga sebagai crosscek dari presensi manual yang dikirim ke Bagian Orgap Setda.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian meminta agar ASN bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dia minta ASN di Purworejo bisa lebih kreatif dalam bekerja.

Bupati menyampaikan hal tersebut saat  halalbihalal dengan karyawan/karyawati Setda, BPPKAD, Dinkominfo dan DINPMPTSP di Ruang Arahiwang Setda Purworejo. Acara dimulai dengan ikrar silaturahmi yang disampaikan secara simbolis oleh Sekda Said Romadhon kepada bupati dan wakil bupati.

“Jangan merasa berkerja hanya untuk menggugurkan kewajiban atau hanya menjadi rutinitas saja. ASN harus dapat menciptakan ide-ide yang kreatif dalam melaksanakan tugas,” kata bupati.

Bupati berharap seluruh ASN yang ada di Kabupaten Purworejo untuk memperbaiki kinerja agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Apa yang kita lakukan menyangkut moralitas. Untuk itu, marilah kita sebagai ASN dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” harap bupati. (udi/laz/zl)