MUNGKID – Memasuki pertengahan Ramadan, tim relawan komunitas Bersih-Bersih Masjid (BBM) tetap konsisten berbuat kebaikan, yaitu membersihkan masjid dan musala di Kabupaten dan Kota Magelang. Hari Minggu Minggu (26/5), giliran mereka mengunjungi Masjid Al-Ahadiyah di Pirikan, Secang, Kabupaten Magelang.

Bermodalkan peralatan kebersihan seperti vacuum cleaner, sapu, pel serta kain lap, dengan telaten belasan relawan bekerja membersihkan masjid. Kaca-kaca masjid dilap bersih, demikian juga karpet dan lantai dipel serta divakum. Langit-langit, mimbar, kipas angin, tempat wudu dan toilet, tak luput disulap mengkilat oleh tim relawan.

Berdiri sejak 2016, ratusan masjid dan musala sudah dikunjungi oleh komunitas ini. “Salah satu tujuan BBM adalah menciptakan masjid yang bersih, sehingga jamaah akan merasa nyaman berada di dalam masjid,” ujar Ustad Hari Indriyanto, salah seorang pendiri  komunitas BBM.

Dengan menggelar aksi bersih masjid, diharapkan pula dapat menggerakkan masyarakat agar bisa memakmurkan masjid. Oleh sebab itu, Hari juga selalu membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan BBM.

Di luar bulan Ramadan, komunitas BBM hanya menggelar aksi bersih masjid setiap hari Jumat dan Minggu. “Karena masing-masing anggota sudah bekerja dan berwirausaha, ada juga yang mahasiswa,” jelasnya. Namun di bulan Ramadan ini, komunitas BBM konsisten membersihkan masjid setiap hari.

Komunitas BBM tak pernah memungut biaya sepeser pun dari para takmir dan pengurus masjid yang merasakan jasanya. “Tak pernah meminta biaya, malah kalau ada yang mau membayar akan kami tolak,” ucapnya.

Sumber pembiayaan BBM bergantung dari para donatur. Seluruh donasi yang terkumpul digunakan untuk biaya operasional  komunitas seperti membeli peralatan kebersihan.

Tak hanya bergerak dalam kegiatan bersih-bersih masjid, anggota komunitas ini juga bergerak di bidang kerelawanan lain. Seperti menjadi relawan saat terjadi bencana alam, relawan pembangunan masjid, serta menjaga kegiatan keagamaan jika dibutuhkan. “Kami selalu siap melaksanakan tugas dakwah tersebut,” ungkapnya.  (cr16/laz/by)