PURWOREJO – Lawang Suwargo yang menjadi bagian dari Rohis Of Smansa atau SMA Negeri 1 Purworejo menampilkan sajian berbeda dalam Romansa Musik Ramadhan di Amphiteather Alun-Alun Purworejo, Jumat sore (24/5).

Tidak sendiri, mereka sebenarnnya tampil dengan grup musik umum yang tergabung dalam Ganesha Voice dan dukungan dari beberapa unit ekstrakurikuler yang ada seperti Ganesha Master of Ceremony dan juga Ganesha Lensa.

Mastri Imammusadin, salah satu panitia mengungkapkan, Lawang Suwargo sudah ada sekitar 5 tahun, namun penamaan itu baru dilakukan sekitar setahun silam.  Nama itu diberikan oleh Kepala Kementrian Agama Purworejo Bambang Sucipto saat mengisi pengajian dalam Maulud Nabi di sekolah tersebut.

Pengasuh Lawang Suwargo Ahmad Faizin mengatakan, grup hadroh itu memang sudah berkembang cukup lama di sekolah dan berangkat dari keinginan anak-anak yang tergabung dalam Rohis of Smansa. Awalnya mereka hanya meminjam alat untuk mendukung penampilannya.  “Tidak saja alat, tapi kami juga mendatangkan pelatih sekaligus,” jelas Faizin.

Akhirnya berkembang dengan baik, pengasuh pun mengusulkan kepada sekolah untuk diberikan alat yang dibutuhkan. Gayung bersambut. Pihak sekolah pun memberikan dukungan sehingga penampilan grup tersebut tidak perlu lagi harus meminjam alat.  “Kita rutin mengadakan latihan,” katanya.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Purworejo, Eko Hendarto mengungkapkan penampilan di Amphiteather, sekolah melibatkan dua ekstra sebagai pendukung utama. Yakni pembawa acara dan juga grup fotografi.

Menurut Eko, kesempatan unjuk kemampuan di Amphiteater menjadi peluang anak didiknya menunjukkan bakat-bakat yang dimiliki. Pihak sekolah pun memberikan ruang sangat terbuka untuk mengasah kemampuan para siswa menunjukkannya di muka umum. Mereka juga membawa nama harum sekolah. (udi/din/by)