MAGELANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang punya program unggulan. Untuk memfasilitasi masyarakat dalam pengembangan potensi diri. Program tersebut di antaranya berupa pelatihan membuat kerajinan tangan dan loka karya promosi produk.

Kepala Dispuspa Kabupaten Magelang Imam Basori mengatakan, dua kegiatan tersebut merupakan agenda rutin untuk mendorong transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.  “Jadi perpustakaan bisa menjadi tempat berkegiatan sekaligus pemberdayaan masyarakat,” tuturnya di sela pelatihan membuat gantungan kunci di Gedung Graha Wasesa, Muntilan, Jumat (24/5).

Kegiatan pelatihan kali ini membuat gantungan kunci dari tali kur. Produk hasil pelatihan akan dipromosikan Senin (27/5) mendatang. Lewat loka karya bertajuk “Market Place Online.”

Loka karya tersebut sekaligus menjadi ajang latihan bagi peserta untuk mempromosikan produk karya sendiri.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa mendongrak pendapatan masyarakat. “Dengan begitu taraf hidup masyarakat juga akan lebih baik,” ujar Kasi Pengembangan Dispuspa Kabupaten Magelang Amroni.

Acara tersebut terbuka untuk umum. Gratis. Diikuti 30 partisipan. Menurut Amroni, antusiasme masyarakat sebenarnya sangat tinggi. Jumlah pendaftar melebihi kuota. Namun jumlah partisipan dibatasi karena keterbatasan anggaran.

Adapun para peserta datang dari berbagai desa. Seperti Mangunsari, Majaksingi, dan Ngablak. Ada pula peserta yang tergabung dalam komunitas Warsa Mundung. Komunitas beranggotakan penyandang disabilitas Kabupaten Magelang.

Dispuspa mendatangkan komunitas Magic Hand sebagai pemateri latihan. Arah komunitas ini memang fokus pada penyelenggaraan pelatihan membuat kerajinan tangan.

Vera Susanti, salah satu peserta pelatihan, mengaku sangat terbantu untuk mengembangkan minat dalam berbisnis. Warga Desa Pucungrejo itu mampu membuat dua buah gantungan kunci. “Kalau dijual harganya Rp 5 ribu,” katanya.

Vera senang bisa mengikuti pelatihan dan loka karya. Selain untuk mengisi waktu luang, juga menambah keterampilan dan pengetahuan baru.(cr16/yog/fj)