BANTUL – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau Aisyiyah (SBMPTMu) memasuki tahun kedua. Bertujuan untuk mendapatkan input yang baik, sekaligus lulusan SMA yang berkualitas. Sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

SBMPTMu tahun ini akan diikuti 67 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) se-Indonesia. Ada 881 program studi yang ditawarkan.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan, SBMPTMu tahun lalu terbatas khusus untuk kampus Muhammadiyah yang memiliki Fakultas Kedokteran. “Sekarang kami buka seluruh potensi program studi yang ada di Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah seluruh Indonesia,” kata Gunawan.

Dikatakan, peserta SBMPTMu tidak harus datang ke kota dimana kampus Muhammadiyah berada. Calon bisa mendaftar di kota-kota lain dan tes di kota itu.

Seleksi SBMPTMu menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Pendaftaran Kelompok I dibuka mulai 29 April 2019-3 Juli 2019.

Sedangkan Kelompok II dibuka mulai 29 April 2019- 17 Juli 2019. Ujian akan dilaksanakan Minggu (21/7).

Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu akan memudahkan calon mahasiswa memilih PTMA pilihannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal sbmptmu.id.

Pembayaran melalui transfer via bank. Untuk pendaftaran, peserta mengunggah rapor SMA semester 5 bagi lulusan 2019. Atau mengunggah ijazah, bagi lulusan 2018. Pas foto berwarna, dan kartu identitas berupa KTP, paspor, atau SIM. (sky/iwa/er)