SLEMAN – Camat Sleman, Eko Suhargono menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman. Pelantikan dilakukan Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) di Pendopo Parasamya, Senin (22/4).

Eko terpilih setelah dua kandidat lain, Kabid Pemberdayaan dan Kelembagaan Sosial Dinsos Sleman Suparmono, dan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Raden Rara Mae Rusmi S, tidak direkomendasikan oleh SP. Suparmono, kini menjabat sebagai Camat Cangkringan.

“Tentunya saya berusaha untuk melewati setiap tahapan tes,” kata Eko.

Kapan pindah kantor? Eko mengaku secepatnya. Dia harus menyelesaikan administrasi di Kecamatan Sleman dulu. “Nanti pindahnya kalau semua administrasi selesai,” kata Eko.

Sebelumnya, Eko berkecimpung di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman. Lantas menjadi Camat Prambanan. Dari Prambanan bergeser menjadi Camat Sleman. Tidak lama kemudian menjadi Kepala Dinsos Sleman.

SP melantik 122 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Adminstrator, Pengawas, Direktur RSUD dan Kepala UPT Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Empat camat dimutasi. Camat Godean dijabat Sarjono, Camat Sleman Mustadi, Camat Cangkringan Suparmono dan Camat Moyudan Arifin.

SP mengatakan pergeseran hal wajar dalam organisasi. Sekaligus menjadi penyegaran. “Pergeseran atau bahkan naik jabatan adalah hal yang normal,” kata SP.

Dia berpesan kepada pejabat yang dilantik agar bersinergi dengan masyarakat. Sehingga tercipta kondisi masyarakat yang kondusif. Apalagi saat ini masyarakat dinamis.

Pejabat yang dilantik harus meningkatkan etos kerja sebagai abdi negara. Sebagai pelayan masyarakat. Memberikan kinerja terbaik bagi Sleman.

“Dengan potensi yang dimiliki disertai kerja keras semua pihak maka perubahan itu secepatnya dapat dicapai. Dengan bekerja keras dan cerdas, saya yakin dapat menghadirkan program pembangunan untuk kepentingan masyarakat,” kata SP. (har/iwa/er)