JOGJA – Taman Sari menjadi salah satu destinasi favorit. Terutama saat long weekend. Namun, tingginya tingkat kunjungan ini tak berbanding lurus dengan fasilitas parkir. Jamak wisatawan yang harus parkir di pinggir jalan raya. Lantaran area parkir di kompleks Taman Sari sudah penuh.

”Kalau pengunjungnya membludak, area parkir sampai selatan sini,” jelas Hera, seorang warga, Minggu (21/4).

Dari pantauan, sejumlah ruas jalan di wilayah Tamanan, Patehan, hingga Kraton penuh dengan kendaraan roda empat. Mereka adalah pengunjung Taman Sari yang kesulitan mencari tempat parkir. Ada pula wisatawan yang parkir di sepanjang jalan di sebelah selatan kompleks Taman Sari.

Yoga Anugerah, seorang wisatawan mengaku sempat kesulitan mencari parkir. Penyebabnya, selain minim papan penunjuk arah, penataan parkir di area Taman Sari tampak semrawut.

”Pasti tidak saya saja yang kebingungan,” ketus wisatawan asal Karangangyar, Jawa Tengah, ini.

Hal berbeda diungkapkan Fathurrahman. Pria yang mengantar wisatawan dari Jepara, Jawa Tengah, ini tak kebingungan memarkir kendaraannya. Meski, area parkir di kompleks Taman Sari telah penuh. Lantaran ada tukang parkir yang mengarahkannya.

”Kalau nggak ada tukang parkir pasti kewalahan, karena tidak ada penunjuk arah parkir,” tuturnya.

Purwadi, driver lainnya juga tak begitu kebingungan. Menurutnya, tukang parkir di sekitar kompleks Taman Sari punya andil mengarahkan wisatawan.

”Ada beberapa tukang parkir yang bersiaga mengarahkan wisatawan,” tambahnya. (cr15/zam/rg)