PURWOREJO – Tidak bisa hadir secara pribadi, Bupati Purworejo Agus Bastian memberikan kuasa kepada Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Purworejo Wiyonoroto untuk membacakan sambutannya dalam wisuda sarjana ke-60 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Sabtu (20/4). Tidak disebutkan alasan resmi ketikdakhadirannya, hanya disampaikan ada keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Dalam pesan sambutan yang disampaikan itu, Agus Bastian mengajak alumni UMP menjadi pribadi yang bisa dibanggakan. Sebagai pemikir dan pelaku pembangunan, khususnya di Kabupaten Purworjeo serta bagi bangsa dan negara.

“Jangan menggantungkan mada depan dengan mencari pekerjaan, justru harus membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Hal ini akan mendukung terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wiyonoroto.

Rektor UMP Supriyono mengatakan, dalam wisuda ke-60 ini tercatat ada 215 lulusan dari 11 program studi yang terdiri atas 115 perempuan dan 100 laki-laki. Dari jumlah itu, 23 wisudawan di antaranya mendapatkan predikat cum laude.

Menurut Supriyono, perguruan tinggi memiliki tantangan baru sesuai perkembangan zaman yang ada. Memasuki era revolusi industri 4.0 yang secara umum diketahui sebagai perubahan cara kerja yang menitikberatkan pada pengelolaan data, sistem kerja industri melalui kemajuan teknologi, komunikasi dan peningkatan efisiensi kerja.

“Di sini data menjadi kebutuhan utama organisasi dalam proses pengambilan keputusan korporat yang didukung daya komputasi dan sistem penyimpanan data yang tidak terbatas,” ungkap Supriyono.

Dampak  era  revolusi  industri 4.0 akan luas dan mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia dan menentukan perkembangan ekonomi ke depan secara global, tidak terkecuali bagi perguruan tinggi. UMP sendiri selalu mendorong munculnya wirausahawan dari para mahasiswa.

“Kami membekali mahasiswa dengan jiwa wirausaha, di mana bisa menciptakan lapangan kerja baru. Revolusi industri 4.0 menjadi sebuah titik tolak karena banyak memberikan peluang baru,” tambahnya.

Prosesi wisuda dihadiri Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah, PW Muhammadiyah Jawa Tengah, BPH UMP, dan jajaran mitra kerja UMP. (udi/laz/er)