JOGJA- Tiga tim promosi Liga 1, PSS Sleman, Kalteng Putera, dan Semen Padang diprediksi akan menjadi kekuatan yang menyulitkan tim-tim lain. Persaingan Liga 1 musim ini diprediksi akan berlangsung ketat layaknya musim lalu.

Namun, Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengatakan fokus mempersiapkan tim ketimbang memikirkan peluang timnya di kompetisi musim ini. Sebab sejauh ini skuadnya bisa dibilang belum komplet.”Kami masih memikirkan untuk melakukan pembenahan dan menyempurnakan skuad,” jelasnya.

Setelah menjalani liburan usai tersingkir dari Piala Presiden, skuad Super Elja akan digembleng latihan fisik. Rencananya, latihan fisik akan dilakukan di kawasan pantai atau pegunungan. “Namun ini sebatas variasi latihan,” katanya.

Ya, persoalan fisik memang menjadi sorotan. Terutama pemain asing Brian Ferreira dan Alfonso de la Cruz. Pada laga Piala Presiden, pemain asing PSS itu tampak keteteran mengimbangi permainan skuad PSS lainnya yang mengandalkan permainan cepat.

Satu lagi pemain merapat ke PSS Sleman. Dia adalah mantan pemain Persija Jakarta, Rudi Widodo. Tetapi, pemain berdarah Pati tersebut sudah menginjak 35 tahun. Masa di ambang pensiun untuk seorang pemain sepak bola.

Sebelumnya, PSS Sleman pun mendatangkan pemain senior Purwaka Yudi. Mantan bek Arema FC tersebut berusia 34 tahun. Ada juga pemain senior Jajang.

Meski sudah berkepala tiga, Rudi Widodo sebenarnya masih kerap diberikan kepercayaan. Pada musim 2017-2018, Rudi bermain 32 kali bagi Persija dan menghasilkan 5 gol.

Seto Nurdiayantara mengaku membutuhkan pemain dengan jam terbang tinggi di Liga Indonesia. Harapannya, mereka akan menjadi penyeimbang bagi pemain-pemain muda.

Di bagian lain, CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi menyatakan tetap mewaspadai para tim debutan liga satu musim ini. Salah satunya PSS Sleman. “Mereka memiliki suporter fanatik saat main di kandang,” kata Yoyok.

Bermain di kandang dengan dukungan suporter, PSS kerap menyulitkan para lawannya. Pemain ke-12 ini lah yang kerap memotivasi para pemain hingga bermain ngotot. Bahkan, skuad Mahesa Jenar-julukan PSIS Semarang pun pernah merasakan bagaimana angkernya Stadion Maguwoharjo saat laga uji coba tahun lalu.

Selain itu, dua tim promosi lainnya, Semen Padang dan Kalteng Putera pun di prediksi tetap akan berbuat banyak di kompetisi Liga 1 musim ini. Semen Padang, dinilai memiliki catatan dan sejarah di kompetisi liga 1. Kabau Sirah- julukan Semen Padang, baru musim lalu tergelincir dari Liga 1.

Sedangkan Kalteng Putera pun disebut-sebut sebagai bayi ajaib. Kekuatan finansial membuat manajemen mampu mendatangkan pemain-pemain berkualitas.

Selama beberapa bulan di awal kompetisi, skuad Isen Mulang- julukan Kalteng Putra akan berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul. “Buktinya, Kalteng bisa melangkah jauh di Piala Presiden,” katanya.(bhn/din/mg3)