JOGJA – Sebagai bentuk usaha UMY menjadi International Reputable University adalah menggelar kegiatan internasional. Salah satunya event tahunan ICCF yang tahun ini diikuti peserta dari 33 negara.“ICCF ini bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa asing yang berada di Jogjakarta untuk bertukar dan mengenalkan budayanya,” ujar Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto dalam pembukaan ICCF 2019 di Gedung Sportorium UMY, Senin (18/3).

Selain itu, Gunawan mengungkapkan ICCF 2019 juga menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan UMY dan Indonesia kepada dunia. Juga meningkatkan kerja sama UMY dengan dunia internasional. Melalui kegiatan ini pengunjung tak hanya dapat mengenal berbagai budaya, namun juga mengenal kesenian dan  makanan khas dari negara-negara asal peserta.

Gunawan juga sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ICCF untuk yang kali kelima ini. Ia bangga dan mengatakan akan ada banyak agenda berskala internasional berikutnya yang akan diselenggarakan di UMY.
Sementara itu, Wakil Rektor V Bidang Kerja Sama dan Internasional Prof Achmad Nurmandi menyebutkan, kuliner dan budaya menjadi salah satu bidang paling mudah untuk mempromosikan sebuah negara.

“Dengan kuliner dan budaya ini pas sekali untuk mengenalkan potensi  masing-masing negara. Tujuannya agar antarmahasiswa saling memahami satu sama lain, menciptakan mutual understanding antara satu bangsa dengan bangsa lain, agama satu dengan agama lain, itu yang paling penting,” paparnya.

Adapun negara yang mengikuti ICCF 2019 antara lain, Malaysia, Thailand, Ukraina, Jepang, Filipina, Tanzania, Suriame, Ghana, Itali, Botswana, Mesir, Timor Leste, Rwanda, USA, Vietnam, Turki, Spanyol, Turkmenistan, Yaman, Taiwan, Kolombia, Pakistan, Gambia, Nigeria, Sudan, Meksiko, Tiongkok, Palestina, Hungaria, dan Indonesia.

Seluruh peserta dari negara-negara ini menyuguhkan makanan khas dari tiap negara mereka masing-masing yang dapat dinikmati pengunjung ICCF secara gratis. Salah satu peserta dari Rwanda menyuguhkan makanan khas mereka bernama Imvange. Makanan ini berbahan kentang, kacang polong, wortel, kol, dan timun. Bahan utama kentang dan kacang polong direbus dan digoreng sebentar, kemudian dicampur dengan saos khusus dan diberikan tambahan mayones dan cuka. (*/ita/laz/mg4)