MAGELANG – Polres Magelang Kota melakukan Apel Gelar Pasukan dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2019 dan Simulasi Sispamkota, di Alun-Alun Kota Magelang, pada jumat (22/03). Apel yang dipimpin Kapolres AKBP Idham Mahdi SIK MAP dan dihadiri unsur Forpimda ini diikuti unsur TNI, polisi, Satpol PP, Sat Linmas, Satpam dan elemen maupun organisasi masyarakat.

“Apel gelar pasukan ini untuk mempersiapkan Pemilu serentak 2019 yang bakal dilaksanakan 17 April ini,” ujar Kapolres Idham Mahdi saat membacakan sambutan Menko Polhukam Wiranto.  Dikatakan, Pemilu 2019 merupakan tonggak sejarah karena dilaksanakan serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Fungsi dan peran TNI-Polri, lanjutnya, memang berada di luar lingkup penyelenggaraan pemilu. “Akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Idham berharap sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat menjelang Pemilu 2019 untuk bisa menjaga kondusivitas di wilayah Kota Magelang agar tetap aman, damai dan sejuk. “Berbeda pilihan itu boleh, asalkan tetap saling menghargai tanpa menjatuhkan satu sama lain sesama paslon,” ujarnya.

Sebelumnya, Polres Magelang Kota melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Rancangan Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 dengan KPU Kota Magelang. Kegiatan ini dihadiri Bawaslu Kota Magelang. Paparan dilakukan Polres Magelang Kota dan Komisioner KPU Kota Magelang Parmas Ignatius Bambang Sarwodiono tentang Rancangan Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019. (dem/laz/mg1)