JOGJA – Festival budaya dan kuliner dalam ICCF juga dimeriahkan penampilan penyanyi-penyanyi asing, di antaranya, dari Meksiko dan Vietnam yang mewakili negaranya. Juga ada fashion show yang dibawakan Asia University Student dengan kostum dari berbagai negara. Tarian tradisional Indonesia, juga tak kalah menarik dengan membawakan tarian dari Jawa.

Meskipun acara ini hanya satu tahun sekali, para mahasiswa dan pecinta budaya serta kuliner luar negeri sangat dinanti. Anisa, mahasiswi Pendikan Bahasa Jepang 2017 UMY mengatakan, acara ini dinilainya sangat seru. Melalui acara ini bisa mengenal kuliner dari berbagai negara dengan ciri khasnya masing-masing.

Namun, katanya, ada sedikit perbedaan dari event sebelumnya di mana lokasi event ini ternyata pernah digelar outdoor. Pengunjung pun bisa melihat secara langsung proses masak makanan dari berbagai negara.
Stan kuliner dari berbagai negara, ada beberapa yang menarik hati para pengunjung karena makanan asal negara itu memiliki ciri khas rasa. Salah satunya stan kuliner kerupuk lekor dari Malaysia. Kerupuk lekor ini dibuat dengan campuran tepung sagu dan ikan yang dibumbui garam dan gula.

Muhammad Azwan, mahasiswa yang menjaga stan kuliner kerupuk lekor ini mengaku senang bisa mewakili negaranya Malaysia mengikuti festival budaya dan kuliner internasional di UMY. Ia sendiri bisa lebih mengenal dan mengetahui budaya serta kuliner khas dari negara-negara lain. Wan berharap pada event selanjutnya bisa diundang dan memperkenalkan budaya serta kuliner dari Malaysia. (*/mg/laz/mg4)