SLEMAN – Skuad PSS U-15 akan berlaga di Festival Filanesia U-16 yang digelar di National Youth Training Center (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, 20-24 Maret 2019. Sebanyak 20 pemain dipersiapan untuk tampil di ajang yang sudah digelar untuk kedua kalinya tersebut. Skuad Super Elja muda ini akan dilatih Edi Broto.

Manajer PSS U-15 Johannes Sugianto menjelaskan ajang ini menjadi kesempatan bagus bagi pemain level junior. Mereka tak hanya mengasah kemampuannya bertemu tim lain dari klub Liga 1, tapi juga mendapatkan materi cara bermain dari mentor.”Bagi PSS yang merupakan tim promosi jelas menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk bekal membina pemain muda di level usia 16, 18, dan 20,” kata Johannes, Selasa(19/3).

Tampil di ajang yang digelar oleh PSSI tersebut, yang merupakan pertama kalinya bagi PSS Sleman sebagai tim promosi Liga 1, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. PSS akan bertemu tim-tim tanggu seperti Arema FC, Persib Bandung atau PSM Makassar. “Tampil sebaik-baiknya membawa nama Sleman,” jelasnya.

Keikutsertaan PSS di ajang tersebut sebagai komitmen untuk membina sepak bola berjenjang. Di Festival Filanesia ini, PSS tak mematok target yang tinggi. Pihaknya, inginkan tim junior mendapatkan pengalaman merasakan aura kompetisi dan bersaing dengan U-16 dari tim-tim Liga 1 lainnya. “Mereka merupakan pemain yang terpilih dari ajang seleksi tertutup yang dilakukan beberapa kali di Stadion Tridadi,” kata pria yang akrab disapa Jo itu.

Persiapan terakhir yang dilakukan adalah uji tanding dengan Astara (Akademi Sepak Bola Nusantara) di Lapangan Tridadi, Minggu (17/3). PSS Sleman U-15 berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-1. Nanti, sebanyak 10 pemain terbaik dari PSS Sleman U-15 yang mengikuti Festival Filanesia U-16 akan mendapatkan bea siswa dari PT Putra Sleman Sembada (PSS).

CEO PT PSS Soekeno dalam pelepasan mengatakan para pemain muda harus menanamkan jiwa juara, petarung sejak dini. Pesepakbola saat ini sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Pemain lokal juga sudah memiliki nilai kontrak tinggi.(bhn/din/mg2)