Untuk mengembangkan keterampilan mahasiswanya, Prodi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogjakarta  mempunyai mata kuliah tambahan di lima bidang minat akuntasi.

“Mata kuliah tambahan ini untuk lima bidang minat, yakni bidang minat akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi, dan akuntansi sektor publik,” ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik Akuntansi Putriana Kristanti saat ditemui di kampus setempat (30/1).

Disebutkan Putri, mata kuliah tambahan ini dinilai lebih efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa yang sesuai dengan minat mereka. Untuk menunjang mata kuliah tambahan tersebut, Akuntansi UKDW juga mempunyai kelompok studi.

Diungkapkan Putri,  dalam kelompok studi itu mahasiswa belajar lebih mendalam. Seperti di akuntansi perpajakan ada Tax Center untuk mereka belajar soal perpajakan. “Kami juga bekerjasama dengan pihak lain di luar kampus seperti di Kanwil Dirjen Pajak DIJ, BPK wilayah DIJ, PT BEI, dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain itu ada juga praktikum sebagai salah satu penunjang keterampilan seperti  di Sekolah Pasar Modal, mahasiswa belajar tentang simulasi transaksi pasar modal. Kemudian di bidang pajak belajar tentang e-billing dan e-iling.

“Di bidang minat sistem informasi kami menawarkan System Applications and Data Processing software akuntansi yang banyak digunakan di banyak perusahaan. Di situ mahasiswa juga bisa mendapatkan sertifikat nasional dan internasional yang bisa digunakan untuk modal setelah lulus,” paparnya.

Untuk lulusan sendiri, Putri mengungkapkan, mahasiswanya banyak yang bekerja sebagai staf akuntansi atau keuangan di sejumlah perusahaan besar. Sedangkan mahasiswa yang berasal dari luar Jogja banyak yang kembali ke daerahnya dan bekerja di pemda setempat bagian pengelolaan keuangan.  (ita/laz/mg2)