GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah demi menjaga lingkungan. Berbagai program yang mengajak warga untuk peduli lingkungan telah digulirkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agus Priyanta mengatakan, kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terus meningkat. Hal ini ditandai dengan partisipasi masyarakat dalam program kebersihan. Di antaranya melalui bank sampah. “Melalui bank sampah, masyarakat memilah dan memilih sampah plastik sebelum diambil petugas kebersihan,” kata Agus Priyanto Selasa (19/2).

Dia menjelaskan, program tersebut terus disosialisasikan sampai tingkat RT/RW. Sehingga seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam program pengelolaan sampah. Sejauh ini dari total 1431 padukuhan, di antaranya sudah memiliki bank sampah. Program bank sampah terus berkembang. Yakni mengajak warga peduli akan lingkungan dengan memilah sampah secara mandiri.”Juga telah menjadi pemberdayaan bagi masyarakat,” ucapnya.

Kemudian program lainnya adalah gerakan 3R. Yakni reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mengolah sampah kembali). Gerakan ini  berfungsi mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Wukir Sari Baleharjo, Wonosari dengan memaksimalkan pengelolaan di sumbernya. Program tersebut ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Gunungkidul pada akhir tahun lalu.Untuk kepentingan ini warga diajarkan memilah jenis sampah agar mudah dalam pengelolaan organik menjadi kompos dan anorganik dapat dijual ke pengepul.”Residunya yang akan dibuang ke pembuangan akhir,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini di Gunungkidul sudah ada 60 bank sampah  yang dikelola mandiri oleh masyarakat. Sampah yang masuk setiap hari dicatat termasuk juga yang terbuang ke TPA Wukir Sari.
Salah seorang warga Playen Suharno mendukung program pemerintah dalam gerakan pengelolaan sampah. Dia berharap, dengan gerakan tersebut dapat tmewujudkan pola hidup sehat dan bersih. “Kami juga perlu diedukasi bagaimana melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar,” kata Suharno. (gun/din/mg4)