SLEMAN – PSS Sleman punya kans besar untuk memastikan tiket 16 besar Piala Indonesia 2018/2019. Tim berjuluk Laskar Sembada itu hanya hanya membutuhkan  hasil imbang atau kalau pun kalah 0-1, saat menjamu Barito Putera di leg 2 Piala Indonesia, Kamis (31/1) mendatang.

Secara psikologis, skuad PSS Sleman diuntungkan dengan kondisi ini. Apalagi Bagus Nirwanto dkk akan bermain di kandang sendiri, Stadion Maguwoharjo dengan dukungan maksimal penonton dan suporter setianya. Sayangnya, kekuatan tuan rumah tidak maksimal. Alias pincang. Keterbatasan skuad jadi kendalanya. ”Seperti saat bertandang ke kandang Barito Putera, kami tetap akan bermain maksimal. Apalagi ini main di kandang,’’ kata asisten pelatih PSS Sleman Listyanto Raharjo.

Ya, pemain-pemain yang diturunkan di Stadion Demang Lehman, Rabu (23/1) lalu belum tentu semua bisa dimaikan. Sebab, ada beberapa pemain yang tidak bisa dimainkan karena beberapa alasan. Dave Mustaine misalnya. Gelandang PSS Sleman ini besar kemungkinan tidak bisa merumput karena sedang pemulihan cedera hamstring.

Ditemui di Stadion Maguwoharjo di sela sesi latihan Selasa (29/1) Dave Mustaine  memastikan tidak akan turun di lapangan bersama rekan setimnya besok. “Dari pada maksa buat besok. Mending mempertimbangkan jangka panjang,’’ jelasnya.

Kemarin, dia menjalani latihan tersendiri untuk memulihkan kondisi kakinya. Beberapa terapi seperti berlari dan berbagai teknik lain ia jalani.

Ia menjelaskan, saat ini dia merasakan kondisi kakinya membaik. Namun, rasa nyeri masih terasa. Hal inilah yang membuat dia menjadi riskan jika harus bertanding.Ia juga belum bisa memastikan apakah laga selanjutnya dapat kembali merumput. “Kita lihat hasil terapi. Kalau terapi berhasil, kemungkinan bisa main lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, minimnya skuad membuat tim pelatih PSS Sleman harus mengakali posisi pemain. Seperti Hamdan Zamzani yang biasa berada di posisi bek, pertandingan lalu dipasang di gelandang bertahan. Zamzani berduet bersama Wahyu Sukarta.

Namun Listyanto belum bisa memastikan apakah Zamzani akan dipasang di gelandang bertahan lagi atau kembali ke posisi bek. Ia baru bisa memastikan hari ini. “Kami lihat kondisi pemain dulu,” jelasnya.

Ya, kubu Super Elang Jawa- julukan PSS Sleman masih dalam euforia. Maklum, pada leg pertama lalu mereka menang lewat dua gol Kushedya Hari Yudo. Satu gol Barito Putera disumbangkan Samsul Arif Munif.

Nah, kubu Laskar Antasari- julukan Barito Putera dipastikan tidak akan melepas begitu saja laga ini. Anak asuh Jakcsen F Tiago yang kini sudah berada di Sleman dipastikan akan berusaha menjegal PSS Sleman. Ambisi Jacksen ini tidak main-main. Buktinya, dia membawa skuad terbaiknya ke Sleman. Termasuk dua pemain asing, yakni Lucas Silva dan Artur Viera. (cr10/din)