PURWOREJO – Bupati Purworejo, Agus Bastian mengakui lampu penerangan jalan di Purworejo masih minim. Desa diharapkan menjadi motor pengadaan lampu penerangan di jalan desa.

Agus mendatangi delapan desa di Kecamatan Grabag (24/1). “Penerangan jalan manfaatnya banyak. Karena bisa menghidupkan suasana desa,” kata Agus di Desa Kedungkamal.

Dikatakan, pada 2020 pihaknya menargetkan semua kampong terang di malam hari. Bastian mendorong desa memanfaatkan dana desa untuk pengadaan lampu penerangan jalan.

“Kalau sudah terang benderang, memudahkan masyarakat melalui jalan desa,” kata Agus.

Guna merealisasikan penerangan jalan, desa harus menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Harus mulai diplotkan, jangan ditunda lagi. Juga perlu penggalangan swadaya masyarakat.

Pada kunjungan tersebut Agus melihat kantor desa dan menanyakan pelayanan administrasi. Juga persoalan di desa yang masih terkendala.

“Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar dimaksimalkan. Bisa mendongkrak peningkatan perekonomian desa,” ujar Agus.

Kepala Dinpermasdes Purworejo, Agus Ari Setyadi mengatakan, pihaknya ingin mengetahui kendala yang dialami desa. Termasuk pelayanan sudah memenuhi harapan atau belum.

“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikut kunjungan ini. Untuk Januari, dikunjungi desa yang tidak melaksanakan Pilkades. Semuanya 494 desa/kelurahan akan dikunjungi,” kata Setyadi. (udi/iwa/fn)