KULONPROGO – Beragam cara dilakukan untuk menikmati keindahan alam. Salah satunya menjajal fly bike atau sky bike di Kedung Pedut, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Lintasan fly bike sejauh 110 meter di atas jurang sedalam 50 meter.

Sky bike menawarkan sensasi bersepeda di atas kawat baja. Tidak hanya menciutkan nyali saat melihat ke bawah, embusan angin segar Pegunungan Menoreh menjadi sensasi tersendiri.

“Saya penasaran. Kelihatannya seru. Bersepeda di atas ketinggian seperti melayang. Kekinian banget,” ucap salah seorang pengunjung, Merlin Devandayani, 22, warga Jakarta.

Dia tahu Kedung Pedut dari Instagram. Selain sky bike, keindahan alam di Kedung Pedut mampu menghilangkan kepenatan.

“Sungai dan kolamnya menawan. Warnanya hijau toska. Sangat jernih. Mungkin karena di sini tersusun dari batuan kapur. Cocok bagi yang hobi berenang,” ujar Merlin.

Pengelola Kedung Pedut, Yuhono mengatakan, semua wahana dilengkapi pengaman. Disediakan pula spot foto berikut fotografernya.

“Saat musim liburan pengunjungnya naik hingga 70 persen. Ada yang dari Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Wisatawan mancanegara dari Malaysia, Tiongkok, dan Belanda. Tiket masuk Rp 10 ribu. Tarif wahana antara Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu,” kata Yuhono. (tom/iwa/fn)