SLEMAN-Kemesraan PSS Sleman dan Ichsan Pratama dipastikan hanya berlangsung semusim saja. Pemain terbaik Liga 2 Indonesia 2018 itu tidak memperpanjang kontrak dengan skuad Super Elang Jawa- julukan PSS Sleman.

Padahal Ichsan merupakan salah satu kreator lapangan tengah PSS Sleman yang sangat penting. Kepastian gelandang berusia 26 tahun tersebut tak akan memperukuat Laskar Sembada tampak dari unggahan insta story miliknya.
Pemain yang mengemas 5 gol musim lalu ini menyatakan pamit dari skuad PSS.

“Assalamualaikum. Terima kasih untuk keluarga saya di Sleman. Tahun 2018 adalah tahun luar biasa yang gak mungkin bisa dilupain. Ini bukan salam perpisahan. “Saya izin untuk pulang dan Insya Allah pasti kembali,” tulis Ichsan Pratama.

Sampai dengan kemarin (Jumat 11/1) Ichsan sendiri tak menyebutkan alasan dirinya tak memperpanjang kontrak dengan Super Elja. Dari kabar yang beredar Ichsan tengah melakukan negosiasi kontrak dengan Bogor FC dan juga salah satu klub Liga 1 PS Tira. Namun, saat dikonfrimasi, Ichsan tetap kukuh tak ingin membocorkan pelabuhannya di musim depan. ”Lihat saja nanti kemana saja akan berlabuh. Kalau sekarang saya masih di rumah saja,” kata pemain yang pernah membela PSPS Pekan Baru Riau itu.

Apresiasi besar diberikan oleh Ichsan kepada jajaran PSS Sleman yang banyak membantunya hingga meraih sepatu emas di pada kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2018. Menurutnya pelatih Seto Nurdiyataran banyak membantu karirnya selama memperkuat PSS Sleman. Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada para pendukung PSS Sleman yang selama ini loyal mendukung PSS Sleman hingga meraih target promosi Liga 1 Indonesia.

Sementara itu Seto sendiri tidak terlalu khawatir kehilangan gelandang tengah terbaik itu. Kepergian pemain dari klub sepak bola merupakan hal yang lumrah terjadi. Pelatih sendiri tak dapat berbuat banyak sebab keputusan mengenai kontrak seluruhnya ada di tangan manajemen. ”Kalau gagal dipertahankan kami akan cari lagi penggantinya,” jelas Seto santai.

Sejauh ini Seto sendiri telah memberikan rekomendasi terhadap pemain-pemain yang akan dikontrak. Dari informasi yang dihimpun ada sekitar 14 yang sudah disodorkan. Sementara itu sejuah ini, sudah ada 10 pemain yang kabarnya sudah mengikat kontrak dengan PSS Sleman untuk musim mendatang.

Manajer tim PSS Sleman, Retno Supardjiono membenarkan kerja sama dengan Ichsan Pratama tak lagi berlanjut di kompetisi musim depan. Ichsan tak memberikan alasan yang pasti perihal penolakan kontrak yang sudah disodorkan kepadanya. ”Bilangnya ingin kembali ke ke rumahnya di Bogor,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun sejauh ini ada tujuh nama yang dipastikan sudah mengikat kontrak. Ketujuh pemain tersebut yakni Try Hamdani, Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Asyraq Gufron, Irkham Milla, M Zamzani, dan Rangga Muslim. (bhn/din/fn)