GUNUNGKIDUL – Realisasi proses rekrutmen tenaga harian lepas (THL) masih lama. Sebab, hingga sekarang pemkab baru mulai menghitung jumlah kebutuhan THL di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Data tersebut akan dianalisis. Untuk dijadikan bekal penentuan jumlah formasi yang dibutuhkan.

Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono menegaskan rekrutmen THL kali ini sangat selektif. Terpusat di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Agar proses rekrutmen terkontrol. Sistem baru ini sekaligus untuk mengantisipasi rekrutmen THL yang asal-asalan.

”Dulu pernah, tahu-tahu ada rekrutmen dan kualitasnya dipertanyakan,” kata Drajad saat dihubungi Jumat (11/1).

Bekas sekretaris DPRD DIJ tak menampik pemerintah pusat membuka keran rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Namun, hingga sekarang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis rekrutmen belum ada.

”Saya sudah menanyakan ke BKPPD, tapi juga belum mendapatkan informasi terkait perekrutan PPPK. Kami masih menunggu arahan dari pusat,” ujarnya.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan dan Data Pegawai BKPPD Gunungkidul Reni Linawaty menambahkan, pihaknya saat ini sedang menghitung kebutuhan anggaran rekrutmen THL. Dengan kata lain, tidak semua usulan THL OPD bakal diakomodasi.

”Dari usulan, diverifikasi. Kemudian, dilihat analisis jabatan serta analisis beban kerjanya. Kira-kira butuh personil berapa,” katanya.

Setelah itu, kemudian dilakukan koordinasi dengan bagian organisasi setda. Jika diperbolehkan barulah dicocokan ke badan keuangan dan aset daerah (BKAD). Itu untuk mengetahui apakah anggarannya sudah dialokasikan atau belum.

”Kalau instrumen semua sudah siap, barulah kami setujui dan direkap semua mana saja OPD yang mengajukan. Setelah itu barulah kami melakukan pengadaan. Prosesnya memang masih panjang,” ujarnya.

Dikatakan, sebenarnya OPD akhir tahun lalu telah mengajukan rekrutmen THL. Namun, urung terealisasi. Menyusul ditolaknya APBD Perubahan 2018.

”Untuk THL kami batasi hanya tenaga teknis saja. Perkiraan mungkin triwulan kedua baru mulai rekrutmen THL,” ucapnya. (gun/zam/fn)