GUNUNGKIDUL – Operasi Mantab Brata yang digelar Polres Gunungkidul membuahkan hasil. Sebuah mobil boks terjaring dalam razia yang digelar di kawasan GOR Siyono, Playen, Jumat (11/1). Isinya ratusan botol minuman keras (miras) dari berbagai merek.

Komandan Operasi Mantab Brata Iptu Soni Yuniawan mengatakan, mobil boks itu terjaring saat kepolisian menggelar razia di kawasan GOR Sriyono, Playen. Saat diperiksa, sopir sanggup menunjukkan berbagai dokumen berkendara. Namun, sopir maupun kernet tak dapat berkutik. Setelah petugas memeriksa isi muatan.

”Isinya berupa 81 kardus mencurigakan. Setelah diperiksa, isinya miras berbagai merek,” katanya.

Karena bermasalah, sopir beserta kernet digelandang ke Mapolres Gunungkidul. Untuk menjalani pemeriksaan. Sony menduga kendaraan bermuatan minuman haram itu dari Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Mereka berencana menyetornya ke wilayah Jogja.

”Barang bukti sudah diamankan. Sopir dan kernet ditangani satresnarkoba dan sabhara,” ujarnya.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Gunungkidul Ipda Risyanto mengatakan, operasi Mantab Brata untuk menekan tingkat kerawanan. Terutama, menjelang pemilu. Kepolisian bakal rutin menggelar operasi agar situasi kondusif.
”Operasi siang atau malam,” katanya.

Sebelumnya, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengungkapkan, menjelang Pemilu 2019 polisi dan TNI menggelar patroli gabungan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

”Kami gencarkan untuk mencegah peredaran miras, narkoba atau penyakit masyarakat lainnya yang dapat mengganggu kamtibmas, maupun kelancaran pemilu,” katanya. (gun/zam/fn)