JOGJA – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Jogjakarta memiliki pimpinan baru. Letkol Marinir Bambang Adriantoro resmi menjabat sebagai Danlanal menggantikan Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Tongkat komando kepemimpinan diserahkan langsung oleh Danlanal Jogjakarta sebelumnya, Kolonel Laut (P) Arya Delano Kamis (10/1). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kemarin dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin.

“Amanah yang harus dijaga, sekaligus kehormatan dan kebanggaan, saya percaya dengan bekal selama ini,” kata Edwin sebagai ucapan selamat pada Bambang.

Dia pun memuji pencapaian selama kepemimpinan Kolonel Laut (P) Arya Delano. Salah satunya dalam bidang Pemberdayaan Olah Raga melalui event Lomba Dayung Danlanal Jogjakarta Cup 2018. Lomba yang bekerja sama dengan Komite Olah Raga Nasional (KONI) dan Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) ini akan menjadi ajang olah raga perairan dan pariwisata tahunan di DIJ.

Logo dan semboyan Jala Wira Braja yang telah resmi ditetapkan sebagai lambang kebesaran Lanal Jogjakarta. Artinya prajurit laut yang berani dan pantang menyerah. Selain itu, administrasi dan keuangan Lanal Jogjakarta meraih piagam penghargaan Peringkat Terbaik I sebagai Satuan Kerja Berkinerja Terbaik dari KPPN DIJ.

“Mohon bimbingan dan dukungannya,” ungkap Bambang yang merupakan eks Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Buminoro Perak Surabaya tersebutdi hadapan para tamu.

Disebutkan, pantai selatan DIJ yang membentang sekitar 104 Km menjadi tantangan tugas pengamanan. “Tingkat kerawanan keamanan laut yang variatif perlu terus diwaspadai, apalagi Jogjakarta merupakan destinasi pariwisata pantai,” jelasnya.

Sementara itu Perwira Penerangan Lanal Jogjakarta Lettu Laut (P) Benu Purnomo menjelaskan, Lanal Jogjakarta merupakan bagian rantai komando dari Lantamal V Surabaya. Dengan 4 kabupaten dan 1 kotamadya TK I wilayah komanfo di DIJ. “Mengcover sebagian kabupaten Magelang wilayah selatan, Solo, Boyolali, Sragen dan Wonogiri,” tambah Benu.

Sertijab dihadiri Wakil Gubernur DIJ KGPAA Paku Alam X, Kapolda DIJ Irjen Pol Achmad Dofiri, Danrem 074/PMK Brigjen TNI M. Zamroni, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Teddy Rizalihadi, Kajati dan Kajari DIJ, para Dandim dan Kapolres serta tokoh masyarakat seperti Rektor UGM Panut Mulyono.

Ditampilkan pula tari Jala Wira Braja. Yang diadaptasi dari semboyan Lanal Jogjakarta. Penampilan tersebut merupakan kolaborasi antara prajurit Lanal Jogjakarta dengan 30 seniman tari dari Hamzah Batik dan Raminten Teater. (tif/pra/fn)