ASYRAQ GUFRON (GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA)

SLEMAN-Setelah tampil aktraktif dan meyakinkan selama babak delapan besar Liga 2 lalu, PSS Sleman akhirnya mematenkan kontrak Asyraq Gufron Ramadhan.

Selama babak delapan besar, Gufron meggeser tempat yang sebelumnya dihuni sejumlah nama. Sebut saja Arie Sandy, Jodi Kustiawan, Rian Miziar, hingga talenta muda lokal M Zamzani.

Yang cukup menarik, pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut dikontrak sepaket bersama rekan setimnya di Persis Solo, Ikhwan Ciptady. Kedua pemain ini, ditakdirkan menjadi pasangan yang tak bisa dipisahkan untuk kompetisi musim mendatang.

Chemistry ternyata tidak membuat keduanya canggung saat membela PSS Sleman. Hasilnya, Gufron bisa menjadi tembok tangguh bagi Super Elja, hingga menghasilkan promosi dan gelar juara.

Dengan track record musim lalu, pemain yang pernah memperkuat PS Mojokerto Putra tersebut, masuk ke dalam daftar rekomendasi tim pelatih untuk dipertahankan. Tanpa berpikir panjang, Gufron pun memastikan mengikat kontrak dengan Super Elja. ”Sebenarnya ada tawaran yang masuk dari klub liga 2. Tapi bagaimapun saya lebih memilih PSS,” jelasnya.

Ya, bermain di kasta tertinggi Liga 1 Indonesia bisa jadi menjadi magnet tersendiri bagi Gufron. Bersama Bagus Nirwanto dan lagi lagi Ikhwan Ciptady, menjadi tiga pemain pertama yang mendapat kepastian mengenai perpanjangan kontrak.

Dia mengakui merasa cocok dengan gaya permainan yang diterapkan pelatih Seto Nurdiyantara. Termasuk atmosfer pendukung PSS Sleman yang sangat militan. ”Apalagi, sejak awal PSS sudah menjadi prioritas saya,” katanya.

Idealnya klub Liga 1, besar kemungkinan PSS nanti bakal merekrut satu pemain asing di posisi bek tengah. Walu begitu, talenta kelahiran 22 tahun silam tersebut menegaskan keseiapannya, untuk memperebutkan satu tempat di starting eleven. Termasuk, jika PSS Sleman nantinya merekrut pemain asing untuk memperkuat lini belakang. ”Persaingan dalam tim suatu yang biasa. Yang terpenting berikan yang terbaik bagi tim untuk merebut posisi utama,” jelasnya. (bhn/din/fn)