MUNGKID-Hujan deras disertai angin kencang di sejumlah wilayah di tiga kecamatan menyebabkan 23 rumah warga rusak. Kejadian yang terjadi Rabu petang (9/1) ini juga mengakibatkan puluhan pohon tumbang.

“Tidak ada korban jiwa. Petugas, relawan dan masyatakat dibantu TNI dan Polri telah melakukan pemulihan paskan bencana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Magelang Edy Susanto, kemarin.

Kejadian di Kecamatan Muntilan melanda lima titik, antara lain Dusun Demangan, Desa Congkrang, yang menimpa bengkel milik Nurdin Arif, 50 tahun. Lalu di Dusun Kepanjen, Desa Menayu, menimpa rumah milik Sudaryono; dan Dusun Drojokan, Desa Adikarto, menyebabkan rumah milik Siti Fatonah rusak ringan. Kemudian di Dusun Japuan, Desa Tanjung, , menutup akses jalan dan mengakibatkan rumah milik Heni Rahman rusak ringan; dan Dusun Temanem, Desa Adikarto, yang juga mengakibatkan tiga rumah rusak ringan.

Untuk Kecamatan Mungkid, melanda Dusun Bojong, Desa Mendut, mengakibatkan rumah milik Wahyuningsih rusak ringan. Kemudian di Dusun Getasan mengakibatkan tiga rumah rusak ringan, dan di Dusun Nglaseman, Ngrajek, mengakibatkan kerusakan rumah milik Komari.

Sedangkan di Kecamatan Borobudur, angin kencang melanda di Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo, yang mengakibatkan 10 rumah rusak ringan. Di antaranya , rumah milik, Muhajir, Dakwan, Asropi, Parlan, Anwari, Joyo Sarinten, Nyono Sudarto, Suyanto, Maryoto , dan Wahyono.

“BPBD Kabupaten Magelang telah melakukan upaya kaji cepat dan pemotongan serta pembersihan batang pohon dan pembersihan di sejumlah akses jalan,” tandas Edy. (dem/din/fn)