JOGJA – Tahun ini Akademi Analis Kesehatan (AAK) Manggala menapaki usianya yang ke-21. Dengan mengambil tema ‘Memacu kreativitas dengan meningkatkan sportivitas, solidaritas, dan profesionalisme’ AKK Manggala semakin menggencarkan kegiatan promosinya ke berbagai daerah. Agar lebih dikenal oleh para calon mahasiswa baru.

Untuk memperingati hari jadinya, digelar beragam kegiatan seperti Seminar Kesehatan Nasional, dan bazaar untuk menggali jiwa kewirausahaan dan memacu kreativitas mahasiswa. Kemudian juga ada bakti sosial dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar kampus yang berada di Jalan Bratajaya 25 Sokowaten Banguntapan Bantul tersebut.

Wakil Direktur Akademik AAK Manggala dr. Lia Ratnasari, M.Si. menyampaikan sampai dengan saat ini jumlah alumni Program Diploma 3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) AAK Manggala, mencapai 850 orang. Dengan jumlah mahasiswa aktif, program yang telah terakreditasi B LAM-PT Kes itu, mencapai 200 orang.

“Lulusan AAK Manggala 99 persen terserap di dunia kerja hanya dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Karena kami bekali dengan hard skills dan soft skills yang dibutuhkan oleh pencari kerja, baik itu dari instansi pemerintah (PNS) maupun perusahaan industri,” jelasnya saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan Ruang Lobi, Mushola, Ruang Bimbingan dan Konseling, dan Ruang Penjaminan Mutu AAK Manggala yang baru, Senin (7/1).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Unit Penjaminan Mutu Y. Sugeng Sudjarwo, SKM., M.Kes. mengatakan AAK Manggala akan membuka prodi Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes dan Keselamatan Kerja) untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja.

“Yang terdekat, AAK Manggala yang juga tergabung dalam Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (AIPTLMI), sedang berbenah dan mempersiapkan diri menjelang penilaian Akreditasi Institusi dari BAN-PT,” tuturnya. (obi/a11/pra/fn)