PURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum merekrut 55 relawan demokrasi (Relasi) untuk menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Setidaknya ada 11 pemilih sasaran yang akan menjadi bidang tugas para relasi.

Komisioner KPU Purworejo Divisi Sumber Daya Manusia Akmaliyah menjelaskan, Relasi akan bekerja selama tiga bulan dan mendapatkan kompensasi Rp 750.000 per bulan. “Pendaftaran dibuka 14- 19 Januari. Peserta lolos akan diumumkan 24 Januari,’’ kata Akmaliyah.

Menurut Akmaliyah, keberadaan Relasi akan sangat membantu upaya sosialisasi KPU untuk meningkatkan peran serta masyarakat. Adapun beberapa sasaran itu adalah pemilih berbasis keluarga, pemula, muda, perempuan, penyadang disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marjinal, berbasis komunitas dan berbasis agama, berbasis warga internet serta kelompok masyarakat lain. “Syarat yang harus dipenuhi peminat Relasi adalah usia mereka mnimal 17 tahun dan pendidikannya minimal SLTA,” tambahnya.

Kesempatan ini bisa diikuti masyarakat namun terbatas bagi mereka yang berdomisili di Purworejo saja. Jika pernah terlibat dalam keanggotaan partai politik (parpol) setidaknya lima tahun terakhir serta tidak masuk dalam tim kampanye atau pelaksana kampanye Pemilu 2019. “Akan lebih baik jika memiliki pengalaman terkait kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau mahasiswa serta mampu mengoperasikan komputer,’’ jelasnya.

Akmaliyah mengungkapkan jika ke-55 relasi itu nantinya akan ditempatkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Purworejo. Antar kecamatan akan memiliki perbedaan jumlah relasi yang diturunkan.”Kami melihat kebutuhan di lapangan. Bisa saja relasi mengambil fokus di komunitas tertentu,” imbuhnya.

Akmaliyah berharap peminat akan besar di Purworejo sehingga akan membantu dalam menentukan relawan terbaik dan mampu memberikan fungsi sosialisai yang sesuai kepada masyarakat. (udi/din/fn)