JOGJA – Kemeriahan perayaan malam tahun baru menyisakan persoalan lingkungan. Hanya dalam semalam jumlah sampah yang dihasilkan mencapai 15 ton. Itu pun hanya dari kawasan yang menjadi pusat perayaan malam pergantian tahun. Seperti kawasan Tugu, Malioboro, hingga Alun-Alun Kidul. Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi sempat ikut reresik di kawasan Alun-Alun Utara Jogja.

”Total sampah tiga dump truck,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Udi Santoso Selasa (1/1).

Setiap kawasan menghasilkan sampah yang cukup lumayan. Dengan detail, Udi merinci, kawasan Tugu menyumbang 2,5 ton, Malioboro hingga Titik Nol 5 ton, Alun-Alun Kidul 2,5 ton, dan Alun-Alun Utara (altar) 5 ton sampah.
”Pagi hari sudah bersih. Sampahnya sudah kami ambil,” ucapnya.

(GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA)

Dari pencermatannya, jenis sampah yang dibuang pengunjung bervariatif. Paling banyak botol dan gelas minuman kemasan, dan plastik bungkus makanan. Ada pula kertas bekas kembang api dan batang jagung bakar.
Kendati begitu, Udi mengaku DLH tidak kesulitan membersihkan ceceran sampah itu. Setidaknya tujuh komunitas peduli lingkungan dan warga sekitar yang membantu mengumpulkan sampah.

MENUNGGU DIANGKUT: Sampah malam perayaan tahun baru 2019 di Kawasan Titik Nol dikumpulkan di beberapa titik. Selain petugas DLH, komunitas peduli kebersihan Kota Jogja bahu-membahu mengumpulkan sampah. (SETIAKY A. KUSUMA/RADAR JOGJA)

”Pemulung juga banyak yang mengambil sampah layak jual,” ujarnya.
Kepala DLH Kota Jogja Suyana menyebut jumlah sampah malam perayaan tahun baru kali ini naik sepuluh persen dibanding tahun sebelumnya. Itu menyusul peningkatan jumlah wisatawan. Rampungnya pengerjaan pedestrian sebelah barat di kawasan Malioboro juga memicu jumlah sampah naik signifikan.

”Karena banyak wisatawan yang ke situ,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Malioboro Ekwanto mengatakan, ada 20 tempat sampah portable yang disediakan saat malam perayaan tahun baru. Itu untuk meminimalisasi pengunjung yang membuang sampah sembarangan. (cr5/zam/fn)