Libur telah tiba, libur telah tiba. Sebagai destinasi wisata, jalanan di Jogjakarta pastilah sudah dipenuhi dengan kendaraan pelat luar kota. Tak hanya di Kota Jogja saja yang padat, kabupaten-kabupaten lain di DIJ pastinya juga dipenuhi wisatawan. Sebut saja Gunungkidul dengan pantai pasir putihnya, Bantul dengan hutan pinusnya, Sleman dengan lava tour-nya, dan Kulonprogo dengan Kalibiru-nya.

Lantas warga Jogjakarta ke mana kalau mau menikmati liburan? Bingung? Berikut list lokasi wisata di wilayah yang tak terlalu jauh dari Jogjakarta, tepatnya di provinsi tetangga, Jawa Tengah.

(HUMAS PEMKOT MAGELANG)

Kampung Warna-warni di Magelang

KOTA Magelang tidak hanya punya Gunung Tidar dan Taman Kyai Langgeng, tapi juga kampung wisata, yakni Kampung Tidar Campur.

Sesuai dengan namanya, kampung yang ada di wilayah Kelurahan Tidar Selatan ini berhiaskan warna-warni di setiap sudut rumah warganya. Warna-warni dengan cat ini memiliki motif yang kompleks, dari bentuk kota, oval, mural, hingga grafity tiga dimensi yang menarik. Mulai dari gerbang masuk kampung sudah tertulis kreasi tulisan di dinding tembok.

Nah, selain banyak spot selfie di sana juga bisa berinteraksi dengan warga setempat. Juga bisa bermain permainan tradisional juga. Seru kan?

(PUJI WIDODO LOMBA POTRET KOTA MAGELANG-HUMAS PEMKOT MAGELANG)

Dancing Fountain di Alun-Alun

Masih di Magelang, di sana ada wahana baru yang menarik, dancing fountain atau air mancur menari. Wahana ini terletak di sisi Barat Alun-Alun Magelang atau tepat berada di seberang jalan Masjid Agung Magelang. Wahana air mancur ini berdiri di atas lahan sepanjang 72 meter dan lebar sekitar 6,5 meter. Terdapat sebuah kolam dengan taman di pinggir-pinggirnya yang menjadi lokasi jatuhnya air mancur.

Nah, di sana ada operator khusus yang mengatur koreografi tarian air mancur tersebut. Selain menari, di malam hari, air mancur ini pun akan berwarna-warni. Tapi, wahana air mancur ini hanya beroperasi pada Sabtu dan Minggu, serta hari libur.

(REREN INDRANILA/RADAR JOGJA)

Naik Kuda di Pantai Jetis

Ingin santai di pantai? Bisa menuju Purworejo, cukup ditempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam dari Kota Jogja. Menuju ke sana juga cukup mudah, melewati Jalan Daendels yang kondisi jalannya sudah sangat mulus.

Pantai Jetis ini terletak di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Di sana ada beragam wahana yang bisa dinikmati mulai dari Taman Payung yang berisi payung warna-warni. Pas banget untuk selfie. Bagi yang suka adventure, di sana terdapat flying fox dan ATV. Ada pula persewaan kuda, kita bisa menyusuri tepi pantai dengan kuda. Syahdu sekali.

(UTIN SUMROTIN/RADAR JOGJA)

Mercusuar di Pantai Ketawangrejo

Nah, pantai ini bersebelahan dengan Pantai Jetis. Mungkin jaraknya hanya sekitar 1 kilometer. Tapi suasana yang ditampilkan berbeda lho. Di sana ada jejeran pohon cemara yang memanjakan mata, bahkan pemandangannya serasa di Korea gitu deh.

Pantai ini terletak di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag. Makin memikat mata, saat berjalan terlihat di sisi Timur terdapat mercusuar yang tinggi menjulang. Mercusuar ini merupakan peninggalan di masa lalu. Meski sudah tak dipakai lagi, tapi ada penjaga yang standby di sana. Bagi pengunjung bisa sesekali melihat ke area Mercusuar setinggi sembilan lantai ini.

(REREN INDRANILA/RADAR JOGJA)

Naik Sampan di Mangrove Demang Gedi

Mangrove Demang Gedi di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi ini merupakan wisata minat khusus dan konservasi. Kawasan mangrove ini menyuguhkan pemandangan eksotis. Tak hanya itu saja lho, makin seru menaiki sampan yang cukup memacu adrenalin. Ada banyak hal yang bisa dikulik dari kawasan Mangrove ini, tak hanya sekadar berwisata namun juga lebih mengenal alam dan ekosistemnya. (ila)