GUNUNGKIDUL – Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajad Ruswandono memastikan pola rekrutmen tenaga harian lepas (THL) diubah. Rekrutmen THL di lingkungan pemkab yang digulirkan pada awal 2019 tak lagi ditangani organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing. Melainkan didesain satu pintu. Melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul.

”Ada perbaikan rekrutmen demi yang terbaik untuk Gunungkidul,” jelas Drajad di kantornya kemarin (17/12).

Perubahan pola ini di antaranya untuk menutup celah. Drajad secara blak-blakan menuding bahwa mekanisme rekrutmen THL ketika ditangani OPD tidak profesional. Tidak sedikit THL titipan di berbagai OPD. Kendati begitu, bekas sekretaris DPRD DIJ ini enggan menyebut nama-nama OPD yang kerap menjadi ”tempat penitipan” itu.

Tau-tau sudah muncul THL di instansi tertentu. Kok seperti ini, sehingga hasilnya tidak bagus,” kritiknya.

Guna memperketat proses seleksi, Drajad mengungkapkan, pemkab telah mempersiapkan teknis rekrutmen. Teknisnya persis dengan seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil). Seluruh pendaftar THL harus mengikuti serangkaian tahapan ujian. Seperti seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Harapannya, THL yang lulus benar-benar memiliki kualifikasi. Mulai skill, attitude, hingga integritasnya.

”Ujiannya dengan sistem CAT (computer assisted test),” ujarnya.

Dari itu, Drajad mewanti-wanti seluruh pendaftar THL tak tergiur dengan iming-iming. Terutama, iming-iming yang menjanjikan kelulusan. Sekalipun iming-iming dari pejabat di lingkungan pemkab.

”Sehingga memang harus mempersiapkan diri dengan matang,” ingatnya.

Kendati telah memberikan sinyal hijau rekrutmen, Drajad belum bersedia membeberkan berapa formasi yang disediakan. Lantaran formasi mengacu kebutuhan setiap OPD.

”Di antaranya medis, teknik dan administrasi,” sebutnya.

Ketika disinggung mengenai kuota THL bagi atlet berprestasi, Drajad menjanjikannya. Toh, Bupati Gunungkidul Badingah telah mengintruksikannya.

”Itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap atlet berpestasi,” katanya.

Kepala BKPPD Gunungkidul Sigit Purwanto enggan banyak berkomentar mengenai rekrutmen THL tahun depan. Yang pasti, dia berdalih proses seleksi THL selama beberapa tahun terakhir telah sesuai prosedur. Seluruh peserta mengikuti serangkaian tahapan ujian.

”Agar terpilih THL yang mumpuni,” ucapnya singkat. (gun/zam)