JOGJA – Kartu alumni Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Jogjakarta bisa digunakan untuk berbelanja hingga bayar tol. Itu karena kartu alumni STTA Jogjakarta berupa TapCash atau uang elektronik yang dikeluarkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu TapCash dari Pemimpin BNI Kantor Cabang UGM Suryo Wikanthomo kepada Ketua STTA Jogjakarta Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono ,M.Sc di kampus STTA Jogjakarta Rabu (5/12). Hadir pula Ketua Badan Pelaksana Harian STTA Bambang Yuni Wakil Ketua Dedet Hermawan, Wakil Ketua 2 Junianto dan Wakil Ketua 3 Suhanto serta pemimpin bidang pemasaran dan bisnis BNI Kantor Cabang UGM Dwi Wahyu Sejati.

Ken mengatakan sebagai sekolah tinggi teknologi, STTA juga mengikuti perkembangan teknologi. Termasuk bidang perbankan, yang sedang mengkampanyekan gerakan cashless. “Jadi kartu alumni tidak sekadar kartu, tapi ada uangnya,” jelas dia.

Sementara itu Suryo Wikanthomo mengatakan ntuk pemanfaatan TapCash sebagai kartu alumni, sebelumnya sudah dilaksanakan bersama lembaga lainnya. “Tapi dengan STTA baru pertama ini,” tutur pria yang akrab disapa Thomo itu.

Thomo menambahkan penggunaan TapCash merupakan kartu pembayaran yang berdasarkan uang elektronik. Kartu TapCash alumni STTA bisa dipakai untuk transaksi di merchant yang sudah bekerjasama dengan BNI. Termasuk untuk membayar tol dan parkir. Untuk kartu TapCash alumni STTA ini masih berupa kartu identitas dan uang elektronik.

“Harapan kami bisa ditingkatkan jadi kartu Combo, yaitu kartu identitas, TapCash dan juga kartu debit,” jelasnya. (*/pra/fn)