JOGJA – Jelang Pemilu 2019, Pemprov DIJ bersama Komisi A DPRD DIJ giat membantu KPU dan Bawaslu. Dengan dukungan APBD Perubahan DIJ, pada November dan Desember 2019 diselenggarakan Pembinaan Satlinmas sejumlah 4.500 orang.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas dan pemahaman tentang peraturan Pemilu 2019 sehingga Satlinmas saat bertugas dengan baik nanti saat pemilu 2019 dilaksanakan.

Pelatihan dan pembekalan Satlinmas Angkatan 1 Kota Jogja yang diselenggarakan Satpol PP DIJ hari ini diikuti 300 personel Linmas dari Kecamatan Tegalrejo, Wirobrajan dan Gedongtengen, Kota Jogja.

Hadir Kepala Satpol PP DIJ Noviar Rahmad maupun perwakilan dari Satpol PP Kota Jogja serta tamu undangan dari instansi terkait termasuk unsur TNI dan Polri. Narasumber lainnya dari KPU DIJ dan DPRD DIJ.

Noviar menjelaskan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan Linmas (dulu bernama Hansip atau Pertahanan Sipil) yang akan bertugas pada Pemilu 2019. ”Pelatihan sangat penting karena secara teknis pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pemilu presiden dan pemilu legislatif dilakukan secara bersamaan,” ujarnya.

Hadir juga sebagai narasumber dalam pelatihan itu, Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Jogja, Eko Suwanto. Di hadapan para Linmas yang tetap bersemangat mengikuti pelatihan, anggota DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan ini memberikan apresiasi kepada para Linmas.

”Seperti semboyan Satlinmas di Kota Jogja yakni ora perlu kondang, sing penting tumandang. Kami yakin dan percaya para Satlinmas memiliki jiwa mulia, keikhlasan dan kerelaan dalam berjuang membantu masyarakat khususnya membantu mewujudkan ketenteraman, keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat jelang Pemilu 2019,” ujarnya.

Menurut Eko Suwanto, dia banyak memperoleh ilmu kehidupan dari para Linmas yaitu ilmu ikhlas. Karena itu, dia tidak tanggung-tanggung menyebut Satlinmas sebagai garda terdepan pada pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di bidang ketenteraman, ketentraman dan perlindungan masyarakat.

“Kami dukung Satlinmas melaksanakan tugasnya membantu aparat kepolisian mewujudkan keamanan di TPS. Juga membantu Satpol PP mewujudkan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto di depan 300 Linmas di  Gedung Segoro Amarto Tegalrejo Jogja.

Eko Suwanto menambahkan, mengemban tugas melindungi masyarakat maka Linmas harus tampil dengan murah senyum dan supel. (kus/ila)