JOGJA – Sehari setelah dikalahkan Malaysia, tim nasional (Timnas) Futsal Indonesia menggila dengan mencukur timnas Kamboja 13-0 di GOR UNY, Rabu (7/11). Hasil itu memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal AFF Futsal Championship 2018.

Timnas Indonesia masih menunggu lawan di semifinal, antara Thailand ataupun Vietnam yang masih saling bertemu untuk memperebutkan posisi pemuncak dan runnerup klasemen.

Kemenangan besar atas Kamboja tak lepas dari persiapan matang seusai dikalahkan Malaysia sehari sebelumnya. Dengan kemenangan dari Kamboja, Timnas Futsal Indonesia lolos sebagai runner up di bawah Malaysia, yang menyapu bersih laga di babak penyisihan.

Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi menegaskan, timnya tidak pernah menganggap Kamboja sebagai lawan yang lemah.

”Kami banyak melakukan perubahan dan perbaikan setelah kalah dari Malaysia. Dan tentunya kami menghormati lawan,” jelas Kensuke usai laga.

Pelatih asal Jepang itu mengaku meski menang cukup besar di babak pertama, dengan unggul 7-0, skuad asuhannya tetap menujukkan cara bermain yang cukup baik. Para pemain, tetap memberikan tekanan dan mau berlari keberbagai ruang.

”Hasil ini cukup bagus untuk menatap ke laga selanjutnya,” katanya.

Terkait lawan yang dihadapi di semifinal nanti, merupakan lawan yang cukup berat. Baik Vietnam maupun Thailand merupakan tim yang sarat akan pengalaman dalam kejuaraan AFF Futsal.

”Mereka tim yang memiliki pertahanan cukup baik,” jelasnya.

Sementara itu pelatih Timnas Futsal Kamboja Phan Sophannara mengakui timnya kalah secara kualitas dari para pemain Indonesia. Kekalahan tersebut akan menjadi motivasi bagi para pemain dan juga mencari pengalaman di level internasional.

”Sebagai tuan rumah mereka termotivasi untuk bisa menjadi juara di ajang ini,” jelasnya. (bhn/pra/zl/mo1)