SLEMAN – Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro meninjau pelaksanaan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-103 Tahun 2018 di Dusun Temuwuh Kidul, Balecatur, Gamping Sleman, Rabu (7/11).

Dandim menilai TMMD sangat efektif membangun dan membangkitkan nilai-nilai kebersaman dan gotong royong di masyarakat. “Sikap gotong royong bertujuan untuk kepentingan bersama. Untuk membantu percepatan program pemerintah,” ujar Diantoro yang juga bertindak sebaai Satgas TMMD Teguler ke-103.

Program pemerintah yang dimaksud terutama untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Terutama di pedesaan.

Tak hanya proyek fisik, kegiatan non fisik pun, lanjut Diantoro, bisa menjadi momentum yang sangat baik untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong. Terlebih semangat gotong royong saat ini mulai pudar. Akibat tergerus budaya hedonisme dan individualisme.

“Program TMMD sekaligus memperkuat kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang merupakan wujud dari salah satu jati diri TNI sebagai tentara rakyat,” tegasnya.

Menurut Diantoro, TNI meyakini bahwa kebersamaan dengan rakyat merupakan inti kekuatan TNI itu sendiri. (*/yog/zl/mo1)