JOGJA – Wali Kota Jogja Saryadi Suyuti mendapatkan permintaan dari Ahmad Iqbal Sudrajat untuk menyediakan jalur khusus sepeda di Kota Jogja. Permintaan itu dituliskannya dalam surat yang dilayangkan kepada HS.

Salah satu siswa SD Minggiran itu menulis surat untuk Wali Kota yang berisi tentang cita-cita dan keresahan yang ia alami. Iqbal menginginkan disediakannya jalur sepeda untuk memudahkan ia bersekolah. “Jalan khusus untuk pemakai sepeda masih belum ada,” jelas Iqbal, Rabu (7/11).

Iqbal menjadi salah satu dari 117 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Jogja yang mengikuti lomba menulis surat untuk Wali Kota Jogja. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jogja bertempat di Jl Mayjen Sutoyo 32, Jogja. Acara diadakan sejak selasa hingga hari ini (6-8/11).

Ketua panitia lomba menulis surat untuk Wali Kota Budi Isti Wijayanti menjelaskan, acara tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyampaikan gagasan atau pemikiran melalui tulisan.

Isti menambahkan, bentuk surat yang ditujukan kepada Wali Kota sesuai kreativitas siswa SD. Panjang surat yang ditulis minimal satu paragraf dan maksimal satu halaman ukuran kwarto. Surat yang ditulis tangan harus jelas, kreatif, dan dengan bahasa anak yang sederhana dan santun. “Bisa bebas, formal, atau pun berbentuk narasi,” kata Isti.

Salah seorang guru pendamping, Melani Setya Wulan mengapresiasi acara tersebut. Selain untuk melatih anak-anak menulis, hal ini bisa menumbuhkan kecintaan anak untuk menulis dengan baik. Wulan berharap, acara seperti ini bisa dilakukan secara berkala untuk memberikan fasilitas kepada anak dalam menyalurkan hobi menulis. (cr7/pra/zl/mo1)