BANTUL – Roda kompetisi Liga 3 Indonesia yang telah memasuki babak 32 besar kembali digulirkan 26 November. Sebanyak 32 tim siap berkompetisi demi tiket naik kasta ke Liga 2.

Dari hasil pengundian yang dilakukan PSSI, 32 peserta dibagi menjadi delapan grup. Tim asal DIJ, Persiba Bantul berada di Grup C bersama Bogor FC, Persetala/Kota Baru FC serta Perssi/Persem.

Dalam surat yang diedarkan PSSI, terjadi perubahan format babak 32 besar nasional. Jika sebelumnya dari 32 tim yang bertanding hanya diambil juara grup saja, maka sesuai format baru, runner up dari masing-masing grup berhak lolos ke babak selanjutnya.

“Jadi formatnya setelah 32 besar bukan delapan besar, melainkan 16 besar dulu,” kata Manajer Persiba Bantul Endro Sulastomo.

Dengan format baru itu maka peluang tim untuk menuju babak selanjutnya lebih besar. Sehingga, setiap tim memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa merebut tiket ke Liga 2 Indonesia.

Sebelumnya, jelas Endro, babak 32 besar dibagi ke dalam 8 grup dengan sistem home turnament. Yang diambil hanya tim yang mampu menjadi juara di setiap grup. Dengan format lama, akan memberatkan tim untuk yang tidak menjadi tuan rumah.

“Sekarang yang bukan tuan rumah juga punya kesempatan lolos,” jelasnya. Namun pada babak 16 besar, akan diberlakukan sistem pertandingan gugur satu kali bertanding yang digelar di 8 venue yang akan ditunjuk pada 8 dan 9 Desember.

Dengan perubahan format yang berlaku, lanjut pria yang juga anggota legislatif Bantul ini optimistis timnya bisa merealisasikan kembali ke Liga 2. “Kami sudah mulai petakan kemungkinan yang akan menjadi lawan berat kami,” jelasnya.

Seperti diketahui, dari kuota yang disediakan, sebanyak 24 tim sudah memastikan lolos ke babak 32 besar. Sementara sisanya, masih harus melakukan pertandingan untuk memperebutkan delapan tempat tersisa. Delapan tempat itu masih akan diperebutkan dalam penyisihan regional setiap daerah.

Endro menjelaskan, setelah pembagian grup dia menargetkan kepada Laskar Sultan Agung untuk bisa lolos ke babak 8 besar yang digelar 16-22 Desember. Selanjutnya akan disaring tiga besar grup untuk mengamankan tiket promosi Liga 2 tahun 2019. (bhn/laz/by/mg3)